Hari Ini, Masjid Pusdai dan Al Ukhuwah Gelar Salat Jumat

- 5 Juni 2020, 05:53 WIB

SEJUMLAH masjid di Kota Bandung akan menggelar salat Jumat pada Jumat (5/6/2020) ini. Masjid besar yang akan menggelar di antaranya, Masjid Pusdai Jabar Jalan Diponegoro dan Masjid Al Ukhuwah Jalan Wastukancana.

Sedangkan Masjid Raya Jawa Barat Alun-alun Bandung baru akan menggelar salat Jumat pekan depan.

Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Pusdai, KH. Haerul Anam mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat kewilayahan sebelum memutuskan kembali membuka masjid untuk umum.

"Masjid Pusdai ini punya provinsi, tapi masuknya wilayah Kota Bandung, Kecamatan Cibeunying Kaler, kami sudah koordinasi dengan Camat dan Kapolsek, kemudian ada surat edaran dari MUI Kota Bandung, jadi itu dasarnya," terang Haerul.

Masjid Pusdai sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di tempat wudhu dan pintu masuk masjid.

Menurut Haerul Anam, Masjid Pusdai ini dapat menampung hingga 4.000 jemaah. Namun, pada Jumat nanti, hanya 30 persen saja yang akan digunakan sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

Hal serupa juga dilakukan masjid Al Ukhuwah. Sekretaris DKM Masjid Al-Ukhuwah sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Kota Bandung, Bambang Sukardi menyatakan bahwa Masjid Al-Ukhuwah akan mulai menyelenggarakan salat Jumat berjemaah namun hanya bisa diikuti sekitar 1000 jemaah.

Beragam persiapan telah dilakukan oleh pengurus masjid Al Ukhuwah guna memenuhi standarisasi protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 32 Tahun 2020.

“Tempat untuk saf sudah tapi memang belum bisa semuanya, karena ada keterbatasan tapi diharapkan yang lainnya juga mengikuti menjaga jarak jika tidka ada tanda. Kemudian di tempat wudu juga disimpan sabun untuk mencuci tangan,” ucap Bambang.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Komentar

Terkini

X