Satgas Citarum Harum Bantu Petani Menjaga Mata Air Situs Cikahuripan

- 20 Juni 2020, 19:56 WIB

JAJARAN TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Sukamantri ikut membantu petani dalam gerakan penghijauan di kawasan mata air Situs Cikahuripan, Kampung Walahir, Desa Loa Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/6/2020). Gerakan penghijauan dalam rangka melestarikan sumber mata air di Situs Cikauripan, yang menjadi sumber air bersih bagi warga sekitar.

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Sukamantri, Serka Ujang Sofyan, Sertu Aguh Sulendra dan snggota Satgas lainnya, selain Gober sebagai mitra Satgas yang turut membantu dan berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di lereng lahan kritis tersebut.

Dalam gerakan penghijauan itu, Satgas bersama-sama dengan para petani yang tergabung dalam program KBS (karya bakti sosial). KBS ini sudah menjadi program para petani dalam gerakan penghijauan dan pemeliharaan sumber mata air Situs Cikahuripan.

Sertu Aguh Sulendra mengatakan, dalam gerakan penghijauan itu, di antaranya melakukan penanaman kopi, jeruk, dan tanaman keras lainnya untuk menjaga kelestarian sumber mata air. Pertanian kopi di Kampung Walahir itu menjadi salah satu sumber ekonomi warga sekitar, bahkan kopi walahir sudah populer di Kabupaten Bandung.

"Selain melaksanakan penanaman pohon pada lahan kritis, kita juga turut membantu para petani dalam melaksanakan panen kopi di lahan Perhutani," katanya.

Ia melihat kepedulian dan partisipasi masyarakat di Desa Loa dalam gerakan penghijauan cukup tinggi. Begitu juga dengan aparatur RT dan RW serta perangkat Desa Loa sangat responsif dalam kegiatan kepedulian lingkungan.

"Mereka sudah memiliki pemahaman yang sama dalam kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga, Satgas dan warga sekitar bisa bersama-sama dalam melaksanakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x