Ratusan Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Aliran Sungai Cisunggalah

- 21 Juni 2020, 13:00 WIB

GALAMEDIA - Lebih dari 300 warga yang tersebar lima RW, yakni RW 03, 06, 10, dan RW 13 melaksanakan kerja bhakti membersihkan sampah yang mengendap dan terbawa hanyut aliran Sungai Cisunggalah di Kampung Pongporang Desa Bojong, Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Ahad 21 Juni 2020.

Kegiatan tersebut melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Bojong, aparatur RT, RW, Dusun dan perangkat Desa Bojong. Gober sebagai mitra kerja dari Sub Pos Desa Bojong.

Gotong royong membersihkan sampah dan ilalang itu dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB. Pantauan galamedianews.com di lapangan, ratusan warga membersihkan sampah dan rumput ilalang yang tumbuh di bagian endapan lumpur. Untuk membersihkan sampah dan rumput itu, masing-masing warga membawa peralatan berupa cangkul, gacok dan peralatan lainnya.

Aliran sungai yang dibersihkan dari endapan sampah yang terbawa hanyut dan rumput ilalang yang tumbuh di bantaran Sungai Cisunggalah itu, dibagi berdasarkan batas wilayah RW. Sehingga masing-masing warga membersihkan sampah di aliran sungai itu berdasarkan pada domisili RW.

Sampah dan rumput ilalang yang dibersihkan di aliran langsung diangkut petugas dari UPT Pengangkutan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung dengan  menggunakan satu unit dump truk. Sampah tersebut langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.

Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Bojong Sertu Hendrik Siswanto mengapresiasi kekompakan ratusan warga dari 4 RW tersebut dalam melaksanakan kerja bhakti membersihkan sampah dan rumput ilalang.

"Dari sejak pagi pukul 07.00 WIB, ratusan warga sudah pada datang untuk membersihkan sampah dan rumput ilalang di aliran Sungai Cisunggalah. Semangat gotong royong warga dalam mewujudkan kepedulian lingkungan sangat tinggi. Mereka kompak turun ke sungai membersihkan sampah," kata Sertu Hendrik.

Ia mengatakan, membersihkan endapan sampah itu untuk mengurangi risiko ancaman banjir disaat memasuki musim hujan. Mengingat aliran sungai itu rawan meluap dan sejumlah tanggul rawan jebol mengancam permukiman penduduk di aliran sungai tersebut.

"Beberapa waktu lalu, tanggul Sungai Cisunggalah di Kampung Muara RW 09 jebol karena tak kuat menahan derasnya aliran sungai tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x