Diontrog Orang Tua Siswa, Disdik Jabar: PPDB Tanggung Jawab Sekolah

- 23 Juni 2020, 17:43 WIB
Ilustrasi/INSTAGRAM/@disdikjabar
Ilustrasi/INSTAGRAM/@disdikjabar /INSTAGRAM/@disdikjabar/

GALAMEDIA - Orang tua siswa mendatangi Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar karena kecewa proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Selasa, 23 Juni 2020. Disdik Jabar menyatakan, kewenangan PPDB ada di sekolah masing-masing.

"Dalam permendikbud dijelaskan bahwa PPBD itu tanggung jawab sekolah melalui musyawarah dewan guru. Selain itu, dalam konsep merdeka belajar juga sekolah harus berkreasi dan berinovasi," ujar Sekretaris I Panitia PPDB Disdik Jabar, Dian Peniasiani, Selasa, 23 Juni 2020.

Belajar berinovasi itu, ujarnya, dimulai dari PPDB. Dengan demikian, PPDB sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah.

Baca Juga: Ditawari Tokoh Utama 'True Beauty', Tengok Cantiknya Moon Ga Young

"Kami, disdik hanya sebagai koordinator saja, karena dapat dibayangkan jika semua sekolah memiliki aturan masing-masing. Maka disdik hadir di situ," kata Dian.

Terkait transparansi, menurut Dian rekapitulasi siswa memang tidak dimunculkan saat siswa selama proses pendaftaran. Sebab, ada hitung-hitungan kalibrasi nilai UN bagi siswa jalur prestasi nilai rapor.

Namun, saat pengumuman orangtua siswa bisa melihat nilainya. "InsyaAllah kita selalu transparan," kata Dian.

Baca Juga: Dikabarkan Bercerai dari Kalina Oktaranny, Siapa Insank Nasruddin?

Ia menegaskan, transparansi hal yang harus dilakukan dalam proses PPDB dan sudah ada juknisnya. Sekiranya dalam proses PPDB ada kecurangan dan penyimpangan, misalnya dalam pengisian berkas, maka sanksinya sudah jelas ada di juknis.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X