Lewat Pinduoduo, Colin Zheng Huang Jadi Orang Terkaya di China

- 23 Juni 2020, 20:00 WIB
Pendiri Pinduoduo, Colin Zheng Huang.
Pendiri Pinduoduo, Colin Zheng Huang. /ist/

GALAMEDIA - Lewat perusahaan yang didirikannya, Pinduoduo, Colin Zheng Huang mampu mengumpulkan pundi kekayaan mencapai US$ 87,58 miliar atau setara Rp 1.226 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Lelaki berusia 40 tahun ini bahkan menjadi sorotan dunia karena dinobatkan sebagai orang terkaya di China, mengalahkan Jack Ma.

Sebelum dinobatkan menjadi orang terkaya di China versi Forbes, Colin Zheng Huang hanyalah pemuda biasa. Huang merupakan lulusan ilmu komputer dari University of Wisconsin di Madison, AS.

Baca Juga: Tak Lulus di Gelombang Pertama Masih Ada di Kesempatan Kedua

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang menolak ketika ditawarkan bekerja di Microsoft.

Dilansir dari Forbes, Selasa, 23 Juni 2020, tahun 2004 Huang memilih bekerja di Google sebagai teknisi software. Ia pun keluar dari Google dan sempat membangun startup bernama Ouko.com, yang bergerak di bidang penjualan produk komputer, komunikasi dan konsumer.

Huang juga sempat mendirikan perusahaan game online Xinyoudi. Sayangnya semua perusahaan itu tidak bertahan lama.

Baca Juga: Ditawari Tokoh Utama 'True Beauty', Tengok Cantiknya Moon Ga Young

Hingga suatu ketika, ia dimintai tolong oleh pendiri perusahaan game online NetEase, William Ding untuk membantu perusahaan tersebut.

William Ding kemudian memperkenalkan Huang kepada pengusaha dibalik smartphone Oppo dan Vivo, yaitu Duan Yongping. Huang lantas diajak makan bersama dengan investor dunia Warren Buffett pada 2006.

Perkenalan dengan Buffet itulah yang membuat Huang menjadi terinspirasi untuk menjadi seorang pengusaha sukses hingga pada 2015, ia memutuskan mendirikan perusahaan e-commerce, Pinduoduo.

Baca Juga: Beri Ruang Seniman Berkarya Di Saat New Normal Agar Tetap Hidup

Pinduoduo pun kini tengah bersaing ketat dengan perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba dan perusahaan e-commerce lainnya JDcom. Di 2019, Pinduoduo mengumumkan bahwa mereka telah memiliki 588,2 juta pengguna aktif pada 2019. Sementara JDcom memiliki 362 juta pada periode yang sama dan Alibaba sebanyak 711 juta.

Beberapa lama kemudian, Pinduoduo terus berkembang. Pada 2018, Huang akhirnya mencatatkan saham perusahaannya itu ke Nasdaq. Pinduoduo pun akhirnya mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen.

Kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini.

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x