PT KAI Tolak Ribuan Calon Penumpang Kereta Api di Masa New Normal

- 23 Juni 2020, 22:33 WIB
KERETA Api peduli Corona.*
KERETA Api peduli Corona.* /Yulistyne Kasumaningrum/"PR"


GALAMEDIA - Setelah kegiatan operasional dibuka jumlah penumpang kereta api jarak jauh dan lokal saat ini cenderung mengalami peningkatan. Hal itu mengindikasikan kepercayaan masyarakat terhadap moda kereta api mulai pulih di masa new normal ini.

Hal tersebut diungkapkan VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus dalam keterangan persnya, Selasa (22/6/2020). Ia mengatakan, hingga hari ini terdapat sebanyak 29.560 penumpang yang diberangkatkan atau naik 49 persen dibandingkan dengan pada 12 Juni 2020 yaitu sebanyak 19.884 penumpang.

Meski begitu, ia menyebutkan, ada sejumlah penumpang yang ditolak. Hingga hari ini tercatat 6.558 penumpang KA Jarak Jauh dan Lokal yang ditolak untuk melanjutkan keberangkatan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui SE Gugus Tugas Covid-19 No. 7/2020 dan SE DJKA No. 14/2020.

“Kenaikan volume penumpang ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dari hari ke hari terkait layanan KAI di masa New Normal. Namun, kami juga melakukan verifikasi persyaratan secara ketat sebelum mengizinkan penumpang untuk naik kereta api,” ujarnya.

Baca Juga: Emil Tawarkan Tiga Investasi Kepada Dubes LBPP Qatar untuk Indonesia

Ia menyatakan, di masa new normal ini, PT KAI secara ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat bepergian menggunakan kereta api dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan.

Adapun, pada masa new normal loket stasiun hanya melayani pembelian tiket go show atau tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Layanan reservasi tiket dilakukan secara daring mulai H-7 keberangkatan salah satunya melalui aplikasi KAI Access.

Baca Juga: Diontrog Orang Tua Siswa, Disdik Jabar: PPDB Tanggung Jawab Sekolah

Selain bisa memesan tiket jauh-jauh hari, KAI Access juga memiliki fitur e-boarding pass yang membuat penumpang tidak perlu mencetak boarding pass melalui mesin check-in counter di stasiun. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi sentuhan dengan fasilitas stasiun.

Fitur unggulan lain KAI Access adalah cancelation dan reschedule online. Melalui fitur ini, penumpang yang ingin membatalkan perjalanan atau mengubah jadwalnya tidak perlu lagi mendatangi loket atau customer service di stasiun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x