Mulai Pekan Depan, Kota Cimahi Bisa Uji 192 Sampel Swab Test Per Hari

- 24 Juni 2020, 10:52 WIB
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna meninjau langsung persiapan Labkes Kota Cimahi di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jalan Bojong Loa, Kota Cimahi, Rabu 24 Juni 2020.
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna meninjau langsung persiapan Labkes Kota Cimahi di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jalan Bojong Loa, Kota Cimahi, Rabu 24 Juni 2020. /Laksmi S Sundari

GALAMEDIA - Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna meninjau persiapan Laboratorium  Kesehatan (Labkes) Kota Cimahi di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Jalan Bojong Loa, Kota Cimahi, Rabu 24 Juni 2020. Labkes tersebut bakal menguji sampel swab test agar bisa cepat diketahui.

Saat meninjau Wali Kota didampingi Skeretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan, berserta Para Asisten, Kepala Satpol P Totong Solehudin, Kepala Bappeda Kota Cimahi Dadan Darmawan, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, drg Pratiwi.

Ajay mengucapkan terima kasih kepada pihak Poltekes atas kerja sama yang terjalin dalam pengadaan peralatan Laboratorium Kesehatan Cimahi.

Baca Juga: Tragis, Keluarga Cabut Ventilator demi AC Pasien Covid-19 Meninggal

"Saya berharap Labkes ini dapat digunakan secepatnya. Agar kita dapat memeriksa sampling swab test, dan hasilnya lebih cepat diketahui," katanya.

"Apabila terdapat hasil yang positif dapat segera kita jemput untuk dirawat," imbuh Ajay.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Cimahi, drg Pratiwi mengatakan, labkes tersebut rencananya beroperasi mulai minggu depan.

Baca Juga: 9 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Palmerah Tutup Sementara

"Sebenarnya kita telah beroperasi semenjak 2 Juni 2020, tetapi hanya untuk pencatatan hasil yang diterima dari Labkes Provinsi," jelas Pratiwi.

Pratiwi mengungkapkan, Labkes ini dapat melakukan pemeriksaan sampai 192 sampling per hari. Sesuai arahan WHO dengan mengetes 1/1.000 penduduk setiap pekannya.

Artinya, jika penduduk Kota Cimahi ada sekitar 600.000 jiwa, akan ada sekitar 600 jiwa setiap pekannya yang akan dilakukan swab test.

Baca Juga: Tahan Kencing 18 Jam Usai Pesta Bir, Kandung Kemih Pria Ini Meledak

Angka itu diharapkan akan tercapai dengan keberadaan Laboratorium Poltekkes yang rencananya mulai beroperasi pekan depan.

"Sehari 100 lebih sampling ini yang harus lakukan terus secara masif. Kami juga akan fokus melakukan penapisan di titik kerumunan, karena setelah minggu depan beroperasi, Insha Allah hasil yang didapat akan lebih cepat," tuturnya.

"Apabila ada hasil yang ternyata positif, langsung kita jemput dan dilakukan perawatan. Selain itu kita lakukan tracing pada kontak erat pasien yang positif tersebut," pungkas Pratiwi.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x