Klaim Dokter Top Italia, Tak Perlu Vaksin Covid-19 Akan Hilang Sendiri

- 24 Juni 2020, 12:50 WIB
Ilustrasi virus corona Covid-19.
Ilustrasi virus corona Covid-19. /PIXABAY/geralt

GALAMEDIA - Kepala unit penyakit menular RS  Umum San Martino Genoa, Italia, Profesor Matteo Bassetti mengatakan terjadi pelemahan virus Covid-19 dibanding fatalitas yang diakibatkannya pada medio  Maret – April.

 Ia menganalogikan jika awalnya corona merupakan “harimau agresif” maka kini virus yang bermula dari Wuhan, Cina tersebut telah melemah hingga tak ubahnya kucing liar saja.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail beberapa waktu lalu, Bassetti meyakini perubahan virus saat ini memengaruhi tingkat fatalitas. Menurutnya pasien yang terpapar virus sekarang akan mampu bertahan.

Baca Juga: Tahan Kencing 18 Jam Usai Pesta Bir, Kandung Kemih Pria Ini Meledak

Lebih jauh, jika  pelemahan virus benar terjadi, Basetti mengklaim Covid-19bisa menghilang tanpa vaksin karena sudah sangat lemah hingga virus mati dengan sendirinya.

Sebelumnya di berbagai kesempatan berbeda, Bassetti mengatakan dalam beberapa bulan terakhir kondisi pasien Covid-19 jauh lebih baik daripada mereka yang terinfeksi di  awal epidemi di Italia.

Bassetti mengungkap perubahan terkait pelemahan virus bisa terjadi karena beberapa faktor seperti mutasi genetik, perawatan yang lebih baik atau efek  social distancing.

Baca Juga: Tragis, Keluarga Cabut Ventilator demi AC Pasien Covid-19 Meninggal

Meski demikian sejumlah ilmuwan lain menolak klaim mutasi virus dengan mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya. Kepada The Sunday Telegrap, Basetti mengatakan virus bisa hilang dengan sendirinya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x