Sebanyak 22 Pengda ISSI Minta KONI Pusat Segera Bentuk Caretaker

- 28 Juni 2020, 15:00 WIB
Para pengurus ISSI seluruh Indonesia (foto: Ris Imantoro).
Para pengurus ISSI seluruh Indonesia (foto: Ris Imantoro). /

GALAMEDIA - Sebanyak 22 Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Indonesia (Pengprov ISSI) meminta kepada KONI Pusat untuk segera membentuk caretaker Ketua Umum PB ISSI. Pasalnya, Ketua Umum ISSI, Raja Sapta Oktohari kini menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Pengprov ISSI  ini tergabung dalam Forum Komunikasi Pengprov ISSI Indonesia bersama-sama menyatakanya sikap dan dituangkan secara tertulis dalam surat Pernyataan Sikap Forum Komunikasi  Pengprov ISSI  Indonesia yang digelar di El Royal Hotel, Jalan Merdeka Bandung, Minggu (28/6/2020).

Dengan terbentuknya caretaker oleh KONI Pusat, agar bisa digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk menentukan ketua umum yang baru.

Baca Juga: Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Minta Para Kepala Desa Berinovasi

Hal itu mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KOI (AD/ART) dan dituangkan dalam Pasal 33.1 dimana Ketua Umum dilarang merangkap jabatan apapun pada kepengurusan KOI atau anggotanya.

Selain itu, berdasarkan Pasal 74.7 ART KOI menyebutkan, tidak menjabat apapun pada Kartu Anggota Pengurus Anggota dan/atau organisasi keolahragaan nasional yang sama atau sejenis yang lain.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Raihan PBB Kabupaten Bandung Tembus Rp 30M

“Pada bulan Oktober 2019, Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari mencalonkan diri sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia, berdasarkan butir 2 dan 3 di atas maka saudara Okto telah melanggar  AD/ART KOI," kata Koordinator Forum Komunikasi Pengprov ISSI, Ahmad Junaedi, seusai pertemuan.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa berdasarkan Pasal 17 ART PB ISSI pasal (3), apabila Ketua Umum berhalangan tetap maka melalui Rapat Pleno Pengurus diusulkan menunjuk Pelaksana Tugas Ketua Umum ISSI dari unsur Wakil Ketua Umum sampai terlaksananya Munas/Munaslub.

Baca Juga: Dua Organisasi Pemuda Bentrok di Kiaracondong Minggu Dini Hari Tadi

“Karena itu, sekarang bola ada di tangan KONI Pusat untuk segera membentuk caretaker dan selanjutnya membentuk kepengurusan sementara untuk menuju digelarnya Munas atau Munaslub,” jelasnya.

Pernyataan sikap Forum Komunikasi Pengprov ISSI Indonesia di Bandung itu, tanpa dihadiri delapan Pengprov lainnya, yakni, Aceh, Kepulauan Riau, Sulsel, Jambi, Sumbar, Lampung, DKI serta Kalbar.

Baca Juga: Berusia 20 Tahun, Azriel Hermansyah Sebut Keluarga yang Baik Dipelihara dengan Kesetiaan

Pihaknya juga sudah memiliki calon ketua umum PB ISSI yaitu mantan Wakasad Letjen TNI (Purn), Tatang Sulaiman, yang didukung forum.

"Kami juga memiliki calon untuk menjadi ketua PB ISSI saudara Letjen TNI (Purn) Tatang, beliau kita usung dan mendapat dukungan dari yang hadir di sini," katanya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x