Tingkatkan PAD Desa, Bumdes Jaya Mandiri Kelola Budidaya Ayam Petelor

- 28 Juni 2020, 20:19 WIB

GALAMEDIA - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jaya Mandiri, milik Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini sudah berhasil menjalankan usaha budidaya ayam petelor dengan menghasilkan 1,2 ton telor dalam satu bulan.

Pengembangan budidaya ayam petelor ini terus dilakukan, hingga akhirnya saat ini memiliki 1.000 ekor ayam yang setiap harinya menghasilkan telur ayam yang memiliki kualitas baik.

"Kita terus mendukung upaya Bumdes Jaya Mandiri dalam mengembangkan usahanya, terutama dalam bidang ayam petelor," ujar Kepala Desa Sukamanah, Aten Sulaeman, Ahad, 28 Juni 2020.

Baca Juga: Diklaim Orang Lain, Sultan Arief Natadiningrat Masih Kendalikan Keraton Kasepuhan Cirebon

Dikatakan Aten, usaha budidaya ayam petelor yang dijalankan oleh Bumdes Jaya Mandiri, mampu menjalankan sektor perekonomian dan menyerap tenaga kerja.

"Angka pengangguran bisa menuruan dengan adanya Bumdes, terutama para pengelola Bumdes juga memiliki keterampilan yang mumpini," ucapnya.

Ia menuturkan, dalam setiap hari ayam-ayam petelor yang diurus oleh Bumdes, mendapatkan asupan gizi yang baik. Yang mana hal tersebut agar menghasilkan telor yang berkualitas.

Baca Juga: Sambil Mabuk, Dua Pemuda Aniaya Pengendara Motor hingga Babak Belur

"Mengurus ayam petelor memang tidak sangat mudah, tetapi harus dimanjakan dengan lingkungan yang bersih serta tidak menimbulkan polusi udara," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi kandang sudah sangat baik, yang mana dari segi bangunan dan kandang ayam sudah sesuai dengan aturan untuk ayam petelor.

Selain menjalankan usaha ayam petelor, Bumdes Jaya Mandiri juga menjalankan produksi kopi Garut. Yang mana hal ini juga akan membantu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada di Desa Sukamanah.

"Kami juga menjalankan usaha produksi kopi Garut, mulai dari penanaman benih kopi hingga pengolahan siap jual," pungkasnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x