Dengan Susah Payah, Arsenal Tumbangkan Tuan Rumah Sheffield United

- 28 Juni 2020, 21:41 WIB
/Antaranews/

GALAMEDIA - Dengan susah payah, Arsenal berhasil mengalahkan Sheffield United untuk melangkah ke semifinal Piala FA. Arsenal menang 2-1 atas tuan rumah dalam laga perempat final tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Bramall Lane, Ahad, 28 Juni 2020.

Dalam pertandingan tersebut, eksekusi penalti Nicolas Pepe lebih dulu membawa Arsenal unggul, diapit dua gol tuan rumah yang dianulir oleh VAR karena kedapatan offside.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir Sheffield menyamakan kedudukan lewat David McGoldrick. Beruntung Arsenal berhasil mengunci kemenangan melalui gol Dani Ceballos pada injury time.

Baca Juga: Atletico Madrid vs Alaves: Dua Penalti VAR Warnai Kemenangan Atletico

Laga baru berjalan 10 menit ketika tuan rumah berhasil menjebol gawang Arsenal lewat tandukan John Lundstram dalam situasi sepak pojok, tetapi gol itu dianulir karena ia terlanjur terjebak offside ketika Oliver McBurnie melakukan umpan sundulan.

Sheffield terus berusaha menekan tamunya, tetapi mereka gagal mengantisipasi serangan yang datang hingga Chris Basham terpaksa menjatuhkan Alexandre Lacazette di dalam area terlarang dan wasit tanpa ragu segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Pepe yang menjadi algojo dan dengan tenang menaklukkan kiper Dean Henderson untuk membawa Arsenal unggul pada menit ke-25.

Gol itu melecut semangat Arsenal yang hampir menggandakan keunggulan empat menit berselang lewat tembakan keras Pepe, yang sayangnya berhasil diantisipasi oleh Henderson.

Baca Juga: Lazio vs Fiorentina: Sempat Tertinggal, Biancocelesti Raih Kemenangan

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan tiga menit selepas sepak lanjut Sheffield hampir membalas lewat trik lemparan ke dalam yang diakhiri sundulan McBurnie, yang terlalu mudah dijinakkan oleh kiper Damian Martinez.

Pada menit ke-58, lagi-lagi Sheffield mendapati gol mereka dianulir setelah kemelut di muka gawang Arsenal diakhiri sentuhan McGoldrick dan John Egan, tetapi keduanya terlanjut terjebak offside.

Dua menit kemudian, Basham membuang kesempatan untuk menebus kesalahannya ketika ia menerima umpan silang Jack Robinson dan sundulan bek sayap itu masih tipis di sisi gawang.

Baca Juga: Solskjaer Frustasi, Manchester United Imbang Lawan 10 Pemain Norwich

Kedua tim terlibat saling serang, hingga akhirnya pada menit ke-87 Sheffield tampaknya akan memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu ketika berhasil menyamakan kedudukan McGoldrick.

Gol itu berawal dari kesalahan Sead Kolasinac melakukan sapuan dan bola membentur rekannya Shkodran Mustafi sebelum jatuh di hadapan McGoldrick yang mudah saja menyelesaikan peluang untuk menjebol gawang Martinez.

Sheffield bahkan hampir saja membalikkan keadaan sepenuhnya jika Martinez tidak sigap mengantisipasi tembakan Billy Sharp.

Baca Juga: Imbang dari Celta Vigo, Posisi Barcelona Terancam Digeser Real Madrid

Alih-alih membalikkan keadaan, Sheffield malah kebobolan pada menit pertama injury time ketika Ceballos mengambil kendali bola liar di dalam kotak penalti untuk menyudahi sebuah serangan balik cepat dengan menaklukkan Henderson dan membawa Arsenal kembali memimpin 2-1 atas tuan rumah.

Selepas gol itu manajer Mikel Arteta menempuh langkah pragmatis dengan menarik keluar Pepe digantikan Sokratis Papastathopoulos untuk menebalkan lini belakang mereka dan sukses mempertahankan kedudukan 2-1 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x