Ini yang Harus Dilakukan Agar Bersepeda Jadi Aman dan Nyaman

- 29 Juni 2020, 07:50 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /dok/

GALAMEDIA - Saat ini, aktivitas bersepeda menjadi tren. Tidak hanya untuk berolahraga, sepeda juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Namun dalam bersepeda perlu ada beberapa hal yang Harus diperhatikan. Hal ini agar pesepeda aman dan nyaman.

Anggota Ecotransport Indonesia sekaligus penggiat sepeda, Windu Mulyana menuturkan, euforia bersepeda yang tinggi menyebabkan jumlah pesepeda begitu banyak. Namun, tingginya animo masyarakat untuk bersepeda tidak dibarengi dengan pemahaman bagaimana bersepeda yang aman dan nyaman di jalan.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Warga yang Lahir 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis

"Ada aturan yang harus dipahami pesepeda, terutama bahwa jalan raya bukan milik sendiri, ada aturan yang harus dipatuhi. Jadi berpikirnya harus lebih kepada supaya jangan membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya," kata Windu saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 28 Juni 2020.

Karena kecepatannya tidak bisa disamakan dengan kendaraan bermotor, maka sepeda memiliki jalur khusus yaitu di kiri jalan. Karenanya, pesepeda harus taat untuk tetap berada di jalur tersebut.

Selain itu ia menyarankan agar pesepeda mengenakan pakaian dengan warna yang lebih terang. Hal itu akan membantu pengguna kendaraan lain, ketika pesepeda berada di tengah jalan dan ingin berbelok.

Baca Juga: Telah Nikah 10 Tahun, Saat Periksa Kehamilan Sang Istri Tak Menyangka Ternyata Dirinya Seorang Pria

Adapun standar keamanan dan kenyamanan bersepeda menurut Windu adalah pesepeda harus menggunakan pakaian yang nyaman dan cepat menyerap keringat.

Kemudian mengenakan pakaian dengan warna yang lebih terang, menggunakan helm, sarung tangan, sepatu serta dilengkapi dengan lampu depan dan belakang.

"Untuk lampu sepeda standarnya belakang warna merah, depan putih," kata dia sambil menambahkan, pesepeda juga wajib mematuhi aturan lalu lintas.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x