Legislator Ini Ajak Pemuda Jadikan Pancasila Sebagai Panduan Hidup

- 29 Juni 2020, 13:18 WIB
Ketua Komisi I DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, Bedi Budiman saat berbicara di Webinar Festival Pancasila bertajuk "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila" di Tengah Covid-19", pada kegiatan puncak Parlemen Mengabdi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Senin 29 Juni 2020. (istimewa)
Ketua Komisi I DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, Bedi Budiman saat berbicara di Webinar Festival Pancasila bertajuk "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila" di Tengah Covid-19", pada kegiatan puncak Parlemen Mengabdi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Senin 29 Juni 2020. (istimewa) /

GALAMEDIA - Di tengah maraknya pengaruh asing, generasi muda di Indonesia harus tetap berpegangan pada Pancasila sebagai ideologi bangsa. Menumbuhkan kembali nilai Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi sebuah keharusan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Bedi Budiman. Ia mengajak generasi muda menjadikan Pancasila sebagai panduan atau cara hidup (way of life) dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Saya mengajak generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dimulai dengan hal-hal sederhana," ujar Bedi.

Baca Juga: Jokowi Omeli Menkes Terawan Soal Berbelitnya Pencairan Dana Covid-19

Ia menyampaikan hal itu saat membuka Webinar Festival Pancasila bertajuk "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila" di Tengah Covid-19", pada kegiatan puncak Parlemen Mengabdi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Senin 29 Juni 2020.

"Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia, telah berkembang secara alamiah dari perjalanan panjang sejarah. Dia berisikan pandangan hidup, karakter dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia," terang Bedi.

Dikatakannya, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila itu sangat menyebut sendir kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Anak Durhaka, Gara-gara Sepeda Motor Ingin Penjarakan Ibu Kandung

Mulai dari semangat bersatu, menghormati perbedaan, rela berkorban, pantang menyerah, gotong royong, hingga patriotisme. Termasuk juga didalamnya soal nasionalisme, optimisme, harga diri, kebersamaan, serta percaya pada diri sendiri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x