Dari Aksi Penyelundupan Hingga Perdagangan Narkoba, Kim Jong-un Bisa Hidup Bergelimangan Harta

- 29 Juni 2020, 20:23 WIB
Kim Jong-un voanews.com

GALAMEDIA - Keberadaan Office 39 dikabarkan menyebabkan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bisa hidup mewah bergelimang harta. Jaringan penyelundupan global itu diduga dirancang untuk menghasilkan uang demi memperkaya Kim Jong-un beserta keluarga.

Dikutip dari New York Post, tanpa Office 39, anggota elite Pyongyang akan tercekik oleh sanksi PBB dan Amerika Serikat (AS). Akibatnya, mereka tak bisa melakukan perdagangan dengan dunia, termasuk ambisi nuklir Kim Jong-un.

"Menurut Anda, dari mana Kim mendapatkan cognac (jenis brendi), Mercedes, dan arloji Rolex? Semua uang untuk membeli barang-barang itu berasal dari Office 39," kata pensiunan kolonel Pasukan Khusus Angkatan Darat AS sekaligus pakar Korea Utara, David Maxwell.

Baca Juga: Risma Sujud Seraya Menangis, Begini Penjelasan Dari Sang Dokter

Ia menyebutkan, pembuatan dan perdagangan obat-obatan terlarang, pemalsuan, penyelundupan emas, perdagangan senjata, dan buruh budak disebut hanyalah segelintir dari kegiatan ilegal yang disponsori Office 39.

Office 39 ini didirikan oleh ayah Kim Jong-un, yakni Kim Jong-il pada 1974. "(Office 39) seperti bank bagi Kim Jong-un," kata pembelot Korea Utara, Jason Lee (35 tahun).

Lee dan ayahnya bekerja sebagai eksekutif di Office 39 untuk menjalankan perusahaan pelayaran, sebelum akhirnya melarikan diri dari Pyongyang Korea Utara ke Seoul Kora Selatan dan kemudian ke AS.

"Tapi dia menjadi sedikit lebih berhati-hati dalam beberapa tahun terakhir tentang aktivitas ilegal. (Aktivitas) itu mendapat terlalu banyak perhatian dan terlihat buruk bagi Partai," kata Lee.

Baca Juga: Terbukti, Eks Menpora RI Imam Nahrawi Divonis Tujuh Tahun Penjara

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X