Emil Dorong Pelaku UMKM Terdampak Covid-19 dengan Lima Upaya

- 1 Juli 2020, 22:09 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Jabar).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Jabar). /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebutkan ada 5 upaya yang akan dilakukannya untuk mendorong kembali kegiatan ekonomi 37.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jabar yang terdampak pandemi Covid-19.

Pertama, memudahkan hadirnya bahan baku yang sulit didapat saat pandemi. Kedua, memudahkan urusan permodalan. Ketiga, melancarkan produksi dan distribusi yang sempat terhambat selama pandemi. Keempat, menstimulasi untuk menaikkan daya beli. Dan kelima, membantu menaikkan omset penjualan.

Baca Juga: Terkena Refocusing, Anggaran Umrah di Bandung Barat Menyusut

Hal tersebut diungkapkan Emil, sapaan Ridwan Kamil saat menjadi narasumber Web Seminar (Webinar) Nasional: UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh di Era Adaptasi Kebiasaan Baru “New Normal New Hope” yang digelar oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jabar via video conference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu 1 Juli 2020.

 “Saat ini kami telah membuka secara bertahap kegiatan ekonomi di Jabar hingga 70 persen. Salah satu tujuannya, mendorong UMKM yang jumlahnya mencapai 37.00 agar bisa kembali melakukan kegiatan usahanya dengan baik.l," katanya.

"Selain itu, pembukaan ekonomi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kini juga bertujuan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Jabar agar tetap positif,” tambahnya.

Baca Juga: Mantan Pjs Wali Kota Bandung Tahun 2018, Solihin Tutup Usia

Ia meminta kepada para pelaku UMKM di Jabar agar bisa menyesuaikan diri dengan era disrupsi, khususnya disrupsi bidang teknologi digital, dengan menggunakan sistem digital dalam ekosistem usahanya. Menurut Kang Emil, ekosistem digital penting untuk memperkuat pemasaran UMKM.

“Kita boleh kaget dengan disrupsi, tapi siap tidak siap interupsi (yang menyebabkan disrupsi) itu akan hadir, apakah oleh interupsi kesehatan, teknologi, atau sosial politik,” kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x