Malam Jumat, Yuk Lakukan Amalan Sunnah Ini

- 2 Juli 2020, 09:36 WIB
Ilustrasi Malam Jumat.
Ilustrasi Malam Jumat. /net/

GALAMEDIA - Bagi umat Islam, malam Jumat menjadi malam yang istimewa. Karenanya tidak sedikit yang pada malam itu lebih memfokuskan untuk beribadah dan menghamba pada Allah SWT.

Bahkan ada beberapa amalan yang bagus untuk dilakukan di malam Jumat. Berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan:

1. Memperbanyak shalawat

“Diriwayatkan dari Aws bin Aws, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya hari yang paling mulia bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, di hari itu ditiupkan ruh, dan pada hari itu dilaksanakan siksaan. Karena itu maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku. Sebab shalawat yang kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku. Lalu salah seorang sahabat bertanya : ‘Wahai Rasulullah bagaimana mungkin shalawat yang kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu, padahal engkau telah hancur dimakan bumi?’ Rasulullah SAW menjawab : ‘Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi-Nya.” (HR Ibnu Majah, 1075)

Baca Juga: Sepatu Bolong Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansarullah Jadi Sorotan Netizen

Seperti kita ketahui, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika membaca shalawat kepada Nabi, di antaranya:

- Mempermudah doa diijabah

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Baca Juga: Buntut Pembakaran Bendera Partai, PDIP Cirebon: Kami Bukan PKI!

- Dijanjikan pahala berlipat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

- Diangkat derajatnya

Baca Juga: Picu Kemarahan Dunia, Bertumbangan Ratusan Gajah Mati Misterius dengan Posisi Aneh

Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

- Dikumpulkan di surga bersama Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Terkonfirmasi Positif Corona di Jabar Bertambah 54 Menjadi 3.276 Kasus

- Mendapatkan syafaat Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang sunnah dilakukan pada malam dan hari Jumat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x