Dicurigai Pesanan Mafia dari ISIS, Italia Sita 'Obat Jihad' Amfetamin Senilai Rp 16 Triliun

- 2 Juli 2020, 10:01 WIB
Polisi Italia lakukan penyitaan amfetamin terbesar di dunia. (dailymail) /

GALAMEDIA - Polisi Italia menyita pil amfetamin senilai 1 miliar euro atau setara Rp 16,2 triliun. Obat psikotropika yang berjenis stimulan dan disebut aparat Negeri Pizza sebagai ‘obat jihad’ tersebut diketahui tiba dari Suriah.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Kamis (2 Juli 2020) penyelidik menemukan 84 juta pil  Captagon di dalam mesin dan silinder besar ketika aparat menyita tiga kapal kontainer yang merapat di pelabuhan selatan Salerno.

Baca Juga: Picu Kemarahan Dunia, Bertumbangan Ratusan Gajah Mati Misterius dengan Posisi Aneh

“Operasi kali ini menjadi penyitaan amfetamin terbesar di dunia,” ujar  kolonel polisi bea cukai Domenico Napolitano. Pelabuhan Salerno berada di wilayah mafia tradisional Italia dan kejahatan terorganisasi telah lama diduga memiliki kendali atas narkoba yang masuk ke pelabuhan.

Disembunyikan dalam silinder tebal.
Disembunyikan dalam silinder tebal.

Captagon populer di Timur Tengah dan tersebar luas di daerah yang dilanda perang seperti Suriah. Konflik ikut memicu permintaan dan menciptakan peluang bagi produsen.

Sebuah pernyataan kepolisian menyebut Captagon dikenal sebagai 'obat Jihad' setelah banyak ditemukan di tempat persembunyian militan. Termasuk  digunakan juga oleh kelompok ekstremis yang menewaskan 90 orang di teater Bataclan Paris pada 2015 lalu.

Baca Juga: Wapadai Serangan Flu Babi pada Manusia, Kemenkes Lakukan Surveilans

Produksi awal Captagon terkonsentrasi di Lebanon dan memberi kelompok militan Negara Islam (ISIS) pendapatan yang cukup untuk membiayai kegiatan militan mereka. Demikian kutipan pernyataan kepolisian.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X