GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM Bangkit dari Pandemi

- 2 Juli 2020, 14:53 WIB
GoFood. (foto GoFood)
GoFood. (foto GoFood) /



GALAMEDIA - Layanan pesan-antar makanan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, GoFood menawarkan solusi bisnis yang komprehensif bagi pelaku UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online.

Demikian disampiakan Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group pada  "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang digelar secara online, Senin, 30 Juni 2020. Dialog diikuti Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki.

Baca Juga: Persib Salurkan Puluhan Ribu Masker dan Ratusan Baiu Hazmat ke Aparat Kepolisian

Dalam dialog, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini.

"Dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia," katanya.

Teten melanjutkan, “Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner".

Baca Juga: Jamu Tim Juara, Guardiola: Kami Akan Buat Liverpool Merasakan Apa yang Kami Rasakan Musim Ini

Menurutnya, UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman serta menawarkan makanan sehat dan siap saji. Termasuk juga menawarkan paket bundling produk, memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant, dan menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Sementara itu Catherine Hindra Sutjahyo memaparkan, dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia.

Langkahnya dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Baca Juga: Dimakamkan dengan Protokol Covid-19, Makam 10 Jenazah di Bandung Dipindahkan

"Pandemi ini mengajarkan kami banyak hal. Dari awal berdiri, GoFood berkomitmen untuk meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner - dan kini kami mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi," katanya.

Salah satu yang dilakukan GoFood adalah, menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring (networking) sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha.

Baca Juga: Pengiriman 7,5 ton Kokain Senilai Rp4,1 triliun Berhasil Digagalkan

"Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini," katanya.

Solusi komprehensif dari Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, dari hulu ke hilir, mulai dari otomasi pengelolaan bisnis hingga pengantaran.

Mulai dari platform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM; fasilitas dapur bersama; layanan marketplace belanja bahan baku dengan harga terjangkau; opsi lengkap pembayaran nontunai yang mudah dan dari hulu ke hilir dengan GoPay dan Midtrans Payment Link.

Baca Juga: Merasa Dihina Denny Siregar, Santri di Tasikmalaya Ambil Langkah Hukum

Protokol pengantaran tanpa kontak (contactless delivery) dan GoFood Pick up (mengambil pesanan makanan sendiri di outlet kuliner) terus dijalankan guna meminimalisasi kontak langsung.

Pada kesempatan itu, Catherine menyampaikan peran penting masyarakat dalam mendukung pertumbuhan UMKM.

“Untuk itu, GoFood menghadirkan program Promo PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik) dengan harapan penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine.

Baca Juga: Karyawan Starbucks Ketahuan Mengintip Belahan Dada Pengunjung

Dodi Sandra, Pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi Covid-19.

“Selama masa pandemi, kami sangat terbantu dengan adanya GoFood. Kami juga terbantu dengan aplikasi/perangkat khusus mitra merchant sehingga kami sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas," kata pemilik usaha Pempek Pistel Kiarin.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x