Tak Terdaftar Penerima Bansos, Ratusan Seniman Sunda Dapat Bantuan Dampak Pandemi Virus Corona

- 2 Juli 2020, 19:30 WIB
Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono saat menyalurkan bantuan beras terhadap ratusan seniman Sunda, di Desa Cipacing, Kec.Jatinangor Kab. Sumedang, Kamis (2/7/2020). (Ade Hadeli/Galamedia).
Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono saat menyalurkan bantuan beras terhadap ratusan seniman Sunda, di Desa Cipacing, Kec.Jatinangor Kab. Sumedang, Kamis (2/7/2020). (Ade Hadeli/Galamedia). /

GALAMEDIA - Ratusan Seniman Sunda yang tergabung dalam komunitas Sukma Sajati mendapat bantuan dampak Covid-19 (virus corona), yang disalurkan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait.

Bantuan berupa beras itu diserahkan  oleh Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, bertempat di Desa Cipacing Kec. Jatinangor Kab. Sumedang, Kamis (2/7/2020).

Menurut Ono, sesuai instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, partainya masih terus melakukan kegiatan sosial berskala besar,  untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.  

Baca Juga: Pangdam III/Siliwangi, Jangan Percaya Kepada Pihak-Pihak Lain yang Janjikan Kelulusan

Salah satunya yang menjadi sasaran adalah para pelaku seni yang masih eksis, namun tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (Bansos).

"Seperti halnya bantuan 600 paket beras ini,  diinisiasi oleh Ketua Umum DPP TMP, Maruarar Sirait.  Kami  berterima kasih terhadap beliau yang telah peduli terhadap seniman yang terdampak Covid-19, khusunya yang ada diwilayah Desa Cipacing," ujarnya.

Anggota Komisi VI DPR RI itu menegaskan, pihaknya berharap agar seni budaya lokal yang menjadi program perjuangan,  harus tetap dilestarikan.  

Bahkan dia mendorong  Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota untuk memberikan kepeduliannya terhadap para pelaku seni dan budaya daerah, dimasa AKB (adaptasi kebiasaan baru).

Baca Juga: Badut-Badut Kota Cimahi Galau, Tiga Bulan Tanpa Penghasilan

Disamping itu, Ono akan menginstruksikan  kepada 20 Anggota Fraksi PDIP di DPRD Jawa Barat, seluruh Anggota Fraksi DPRD Kabupaten Kota, dan 26 DPC PDI Perjuangan yang ada di Jawa Barat, untuk memberikan bantuan terhadap para seniman yang bisa disuarakan melalui Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Disamping itu, bila ada kegiatan-kegiatan ceremonial pemerintahan , mereka harus dilibatkan. Ya kalau bahasa sekarang untuk menyambung hidup, karena mereka sudah 4 bulan terdampak pandemi Covid-19,"pungkasnya.

Baca Juga: Empat Tempat Pijat Ini Maksa Buka di Masa Pandemi Virus Corona

Sementara itu, Ketua Sukma Sajati, Rusanto Joko Prakoso mengatakan kepeduilan Maruarar Sirait ini sangat luar biasa. Karena,meskipun tak menjabat lagi sebagai Anggota DPR RI, tetapi yang bersangkutan selalu peduli kepada masyarakat kecil, terutama di Sumedang.

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada beliau, karena selama ini Bang Ara selalu ingat dan selalu memperhatikan warga masyarakat, terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Mudah-mudahan sikap seperti itu dapat ditiru politisi  yang lain," katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x