Agar Tidak Menyesal, Perhatikan Ini Sebelum Membeli HP Bekas

- 3 Juli 2020, 08:41 WIB
Ilustrasi HP (Pixabay)
Ilustrasi HP (Pixabay) /

GALAMEDIA - Membeli handphone bekas atau second menjadi pilihan bagi masyarakat yang budgetnya terbatas. Tindakan ini tidaklah salah karena terkadang dengan keterbatasannya tersebut kita bisa mendapatkan Hp sesuai spek yang kita inginkan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agat dikemudian hari tidak menyesal. Berikut tips sebelum membeli HP bekas, dikutip Portal Jember dari kanal youtube fredem techno.

1. Cek Harga HP Bekas di Pasaran

Baca Juga: Anak Pemilik Hajat Ungkap Alasan Konser Rhoma Irama

Untuk melihat harga pasaran HP bisa di cari di google atau tanya-tanya pada forum atau grup. Bisa juga dengan melihat pada website yang terpercaya.

2. Tentukan Brand HP yang Akan di Beli.

Sebaiknya pilih brand HP yang sudah dipercaya kualitasnya dan pasti brandnya masih resmi di Indonesia. Alasannya jika suatu saat terjadi masalah pada HP kita mudah menemukan servis centernya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Kota Bandung Naik, Jumlah Pasien Meninggal Bertambah

3. Pelajari Spesifikasi HP yang Akan di Beli

Tentukan standart spesifikasi HP sesuai dengan kebutuhan. Misal jika kebutuhan HP hanya digunkan untuk hal-hal ringan saja seperti sosial media yang tidak intens penggunaanya maka HP dengan RAM 2-3 gb sudah cukup untuk HP android, untuk HP Iphone cukup dengan RAM 1 gb.

Tetapi untuk para pengguna HP yang intens dengan kebutuhan yang lebih berat seperti penggunaan sosial media yang sangat akut sekali atau pengguna game-game berat, paling tidak HP dengan RAM 4 - 6 gb untuk HP android, untuk HP iphone paling tidak RAM 2 gb.

Baca Juga: Buruan Beli Emas Antam di Pegadaian, Hari Ini Harganya Turun

Selain melihat RAM ada hal lain yang harus diperhatikan seperti prosessor, karena prosessor berpengaruh besar terhadap performa HP, jadi jangan sampai salah memilih prosessor. Saran saja, carilah prosessor dengan kelas menengah ke atas dan seri yang tidak begitu jadul. Cara melihat urutan prosessor bisa cari di google.

Selanjutnya lihat  penyimpanan memori internalnya, pastikan memori internalnya kapasitasnya cukup untuk kebutuhan. Disarankan untuk mencari HP dengan memori internal paling tidak 32 gb, jika kepepet hanya mendapatkan hp dengan memori internal 16 gb,pastikan terdapat slot micro sd.

Carilah HP dengan kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan harian, pada umunya baterai dengan kapasitas minimal 3000 Mah sudah cukup.

Baca Juga: Diskar PB, Polrestabes Bandung, dan Kodim 0618/BS Terus Semprotkan Disinfektan

4. Tentukan Dimana Akan Membeli HP

Tentukan Ingin membeli HP langsung cod lewat grup - grup facebook atau market place indonesia seperti tokopedia, buka lapak, shopee dan lain sebagainya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Untuk yang memilih langsung cod kelebihanya kita bisa langsung cek barang sesuai atau tidak dengan apa yang di inginkan tetapi biasanya harga yang ditawrkan sedikit lebih mahal. Untuk marketplace harga yang ditawarkan lebih murah akan tetapi kita tidak bisa cek kondisi HP secara langsung, sesuai tidaknya dengan apa yang diinginkan.

Tips untuk yang membeli secara cod, mintalah nomer yang bisa dihubungi untuk menanyakan secara detail spesifik HP yang dijual. Untuk yang baru pertama membeli HP dengan sistem cod ajaklah teman yang sudah paham dengan sistem cod.

Baca Juga: Tubuh Mengeluarkan Sinyal Sebagai Tanda Harus Rehat Bermain Media Sosial

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x