Pemkot Solo Bersihkan Semak-semak di Alun-alun Sebelum Dikembalikan ke Keraton

- 3 Juli 2020, 14:10 WIB
ASN Pemkot Solo kerja bakti membersihkan rumput Alun-alun Utara Keraton Solo, Jumat3 Juli 2020. (foto: Tok Suwarto)**
ASN Pemkot Solo kerja bakti membersihkan rumput Alun-alun Utara Keraton Solo, Jumat3 Juli 2020. (foto: Tok Suwarto)** /



GALAMEDIA - Janji Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengembalikan Alun-alun Utara Keraton Surakarta yang disewa untuk pasar darurat Pasar Klewer, mulai dicicil dengan membersihkan rerumputan yang menyemak.

Meski pun sebagian lahan Alun-alun Utara masih disewa untuk menampung pedagang Pasar Klewer sisi timur, semak-semak rerumputan dibersihkan melalui kerja bakti. Hal itu melibatkan perwakilan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo dan BUMD Kota Solo.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Solo, Sunardi, mengungkapkan, jumlah peserta kerja bakti yang digelar sehari, Jumat, 3 Juli 2020, seluruhnya sebanyak 500 orang.

Baca Juga: Mayat dalam Mobil Kagetkan Pegawai SPBU Jalan LL RE Martadinata

Sasaran kerja bakti tersebut adalah sebagian lahan Alun-alun sisi timur, yang bangunannya telah dibongkar dan dipindahkan ke kawasan sekitar Pasar Legi untuk pasar darurat penampung pedagang korban kebakaran.

Pembersihan lahan Alun-alun Utara Keraton Surakarta melalui kerja bakti yang dipimpin Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo tersebut, merupakan bagian dari perjanjian sewa-menyewa antara Pemkot Solo dengan Keraton Surakarta.

Dalam salah satu butir perjanjian di antaranya disebutkan, setelah berakhirnya masa sewa Alun-alun Utara harus dikembalikan dalam keadaan bersih.

Baca Juga: Pemkot Bandung Izinkan Olahraga Prestasi Kembali Berlatih, Asal...

Di depan para peserta kerja bakti, Achmad Purnomo, menyatakan, pembersihan rerumputan di Alun-alun untuk mengembalikan kondisi lahan di kawasan obyek wisata Keraton Surakarta.

Dalam kaitan itu, Wakil Wali Kota Solo minta,  sebelum Alun-alun Utara dikembalikan ke Keraton Surakarta agar dikembalikan keindahannya dan rumput yang menyemak dibersihkan.

"Kita berterima kasih ke Keraton Surakarta yang bersedia menyewakan Alun-alun Utara untuk pasar darurat. Saya minta agar Alun-alun Utara dikembalikan menjadi indah dan rumputnya dibersihkan," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Oknum Pegawai Starbucks yang Intip Payudara Pelanggan

Wakil Wali Kota Solo itu menambahkan, kerja bakti yang digelar disaat masih pandemi Covid 19, tetap menggunakan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh peserta kerja bakti wajib mengenakan masker dan di antara peserta juga harus menjaga jarak***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x