80 Penghuni Lapas Subang Diberi Bekal Keahlian sebelum Bebas  

- 3 Juli 2020, 14:31 WIB
 Kepala Lapas Kelas II A Subang, Kusnali,A.Md.I.P.,S.Sos.,M.H saat menyerahkan buku panduan belajar kepada WB di Aula Lapas Subang.
Kepala Lapas Kelas II A Subang, Kusnali,A.Md.I.P.,S.Sos.,M.H saat menyerahkan buku panduan belajar kepada WB di Aula Lapas Subang. /Dally Kardilan /

 

GALAMEDIA - Menjelang adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi Covid-19, puluhan warga binaan pemasarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Subang mulai diberi pelatihan keahlian. Keahlian yang diberikan berupa hidroponik sayur, perikanan dan bengkel motor.

Kepala Lapas Kelas II A Subang, Kusnali,A.Md.I.P.,S.Sos.,M.H yang dihubungi usai membuka Pelatihan Keahlian bagi WBP, Jumat 3 Juli 2020 membenarkan kalau pihaknya sudah mulai kembali memberikan pelatihan keahlian bagi WBP guna bekal jika bebas nanti.

Baca Juga: Pemkot Solo Bersihkan Semak-semak di Alun-alun Sebelum Dikembalikan ke Keraton

“Ya, bidang keahliannya untuk sementara ada empat dan diikuti 80 peserta, atau masing-masing bidang 20 orang,“ ujarnya.

Mereka yang ikut minimal telah menjalani setengah (½) masa hukumannya. Sebab tujuan utamanya agar setiap WBP memiliki kemampuan keterampilan secara mandiri sehingga bila kelak menghirup udara segar, bisa bersaing dan mampu menerapkan keahlian yang didapat selama di dalam lapas.

“Sebelumnya pun sudah dapat dilihat keahlian yang diberikan berupa service AC, menjahit dan mengelas, mereka bisa menjadi pegawai dan ada yang membuka usaha,“ kata Kusnali.

Baca Juga: Mayat dalam Mobil Kagetkan Pegawai SPBU Jalan LL RE Martadinata

Untuk keempat bidang keahlian akan berlangsung hingga Agustu mendatang. Tentu saja bekerjasama dengan Dengan Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Tenaga Kerja, dan UPTD BLK Kabupaten Subang. Apalagi lokasi dan tempat di Lapas Subang cukup memungkinkan dengan program yang berkaitan dengan pertanian atau perikanan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x