Legislator Ini Dukung Penundaan Kunjungan Wisatawan Luar Jabar ke Bandung Barat

- 3 Juli 2020, 15:24 WIB
/Dicky Mawardi/Galamedia/


GALAMEDIA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat diminta menunda rencana membuka kran bagi wisatawan dari luar Jawa Barat (nusantara) untuk mengunjungi objek wisata di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, Bandung Barat mengalami penurunan kewaspadaan Covid-19 dari zona biru ke zona kuning.

"Saya setuju jika Pemkab Bandung Barat menunda terlebih dahulu kunjungan wisatawan dari luar Jawa Barat. Selain karena turun level kewaspadaan dari zona biru ke kuning, juga dalam beberapa hari terakhir kasus Covid-19 di berbagai daerah tanah air angkanya cenderung naik lagi," kata Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto di Padalarang, Jumat 3 Juli 2020.

Ia melihat curva yang disajikan oleh pemerintah masih melengkung ke atas, belum menunjukkan kondisi menurun secara stabil.

"Berisiko jika buru-buru wisatawan dari luar Jawa Barat diizinkan berwisata ke Bandung Barat. Alangkah lebih baik ditunda dulu sampai situasinya kembali stabil," tandasnya.

Baca Juga: Kwon Mina Ngaku Nyaris Bunuh Diri Gegara Dibully Selama 10 Tahun, Jimin AOA Langsung Respons

Ia pun meminta Pemkab Bandung Barat mengintensifkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar penanganan pandemi ini kian optimal dan data-datanya makin akurat.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, kebijakan membuka kran bagi warga luar Jawa Barat akan mulai diberlakukan pekan kedua Juli 2020.

Bupati Bandung Barat mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jawa Barat. Namun tentunya, nantinya tetap protokol kesehatan menjadi hal utama yang harus diterapkan.

"Minggu depan wisata di Bandung Barat dibuka untuk wisatawan luar Jawa Barat. Barusan (kemarin) sudah komunikasi dengan pak gubernur. Kalau tidak ada kejadian di Bogor, besok (hari ini) juga sudah bisa buka," ungkap Aa Umbara.

Baca Juga: Kim Jong-un Klaim Korea Utara Berhasil Tangkal Penyebaran Virus Corona

Aa Umbara mengatakan alasan mengizinkan wisatawan dari luar Jawa Barat berkunjung, seiring dengan berakhirnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan hasil evaluasi selama sebulan wisata di Kabupaten Bandung Barat dibuka.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x