Kim Jong-un Klaim Korea Utara Berhasil Tangkal Penyebaran Virus Corona

- 3 Juli 2020, 15:41 WIB
Kim Jong-un
Kim Jong-un /abcnews.go.com

GALAMEDIA - Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un mengklaim negaranya telah berhasil menangkal wabah virus corona (Covid-19), setelah selama enam bulan memantau perkembangan kerja satuan tugas darurat anti-epidemi.

"Kita telah berhasil mencegah virus yang berbahaya dan mempertahankan kondisi stabil, meski dunia masih diliputi krisis kesehatan, dan hal ini merupakan keberhasilan yang berhasil diraih berkat kepemimpinan Komite Sentral Partai Buruh, dan kerelaan para penduduk untuk menaati aturan partai," kata Kim Jong-un, seperti dilansir kantor berita Korut, Korea Central News Agency (KCNA), Jumat (3/7/2020).

"Kita harus menghargai keberhasilan ini dan terus melanjutkan konsolidasi untuk memastikan negara tetap aman dan kesejahteraan rakyat," lanjut Kim Jong-un.

Baca Juga: Jadi Klaster Baru, Kasus Positif di Pabrik PT Unilever Indonesia Terus Bertambah

Selain itu, Kim Jong-un meminta semua pihak tetap waspada dan tidak lengah terhadap ancaman virus corona. Sebab, lanjut Kim Jong-un, negara tetangga dan negara lain masih mengalami penyebaran dan gelombang susulan wabah Covid-19.

Kim Jong-un pun mengkritik sikap para pejabat yang abai dan melanggar aturan pencegahan virus corona.

"sikap yang tidak menaati aturan pencegahan virus corona akan menimbulkan krisis kesehatan yang tidak bisa dibayangkan dan ditanggulangi, dan menekankan seluruh pihak untuk tetap waspada dan memperkuat upaya pencegahan," lanjutnya.

Baca Juga: Kemenkes Rilis Aturan Baru, Pelaku Perjalanan Wajib Bawa Kartu Sehat

Sampai saat ini tidak ada satupun kasus infeksi Covid-19 di Korut, setelah wabah itu menyebar di negara tetangga, China. Mereka langsung menutup perbatasan dan memperketat aturan impor barang.

Selain itu, Korut memutuskan meliburkan sekolah dan melakukan isolasi terhadap para penduduk.

Para pakar memperkirakan Korut bakal kewalahan jika virus itu merebak karena sistem kesehatan mereka dinilai rapuh.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x