UNS Resmi Berlakukan Aturan Sehari Tanpa Emisi Sebulan Sekali

- 3 Juli 2020, 22:57 WIB
Suasana lengang di kawasan kampus UNS Kentingan, saat diberlakukannya aturan sehari tanpa emisi "Hari Bebas Emisi UNS" /Tok suwarto/

GALAMEDIA - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo, sebagai kawasan bebas emisi dalam program Hari Bebas Emisi UNS yang diberlakukan selama sehari pada hari Jumat pertama setiap bulan, mulai Jumat, 3 Juli 2020, resmi diluncurkan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho.

Ketentuan Hari Bebas Emisi UNS tersebut, mengacu pada substansi Peraturan Rektor UNS Nomor 827A/UN27/2013 tanggal 20 September 2013 tentang pedoman lengelolaan kampus ramah lingkungan (Green Campus) dan Instruksi Rektor UNS Nomor 6 Tahun 2016 tanggal 2 Juni 2016 tentang transportasi ramah lingkungan di kampus UNS

Berdasarkan Surat Edaran Rektor UNS Nomor 44/UN27/SE/2020, dijelaskan ketentuan-ketentuan yang mengatur pelaksanaan kegiatan "satu hari dalam satu bulan pada setiap hari Jumat minggu pertama.

Baca Juga: Kejagung Usut Peranan Pengusaha Robert dalam Kasus Penyelundupan Tekstil

Di antara ketentuan tersebut ialah,  mewajibkan mobilitas di kampus bagi seluruh sivitas akademika agar menggunakan alat transportasi bebas emisi, berjalan kaki atau menggunakan alat transportasi publik yang disediakan kampus.

Menurut Rektor UNS, program Hari Bebas Emisi UNS diawali pada peringatan Hari Lingkungan Hidup pada Juni 2020 lalu. Pelaksanaan program tersebut sebagai kegiatan rutin, dimulai pukul 06.00 WIB sampai 17.30 WIB dan berlaku bagi seluruh sivitas akademika UNS

“Salah satu yang harus dipersiapkan dalam program itu,  terutama area parkir. Pada hari-hari awal ini kebutuhan parkir belum menjadi masalah. Tetapi nanti jika seluruh sivitas akademika sudah aktif, tentu kita harus meningkatkan frekuensi angkutan kampus yang bisa dipergunakan,” tuturnya.

Baca Juga: Ditemukan Uang Rp 170 Juta dan Tabungan Rp 4,8 M, Ini Daftar Tersangka Bersama Bupati Kutai Timur

Ketentuan dalam program Hari Bebas Emisi UNS, dikecualikan bagi sivitas akademika UNS yang mendapat izin khusus untuk melaksanakan tugas pada hari Jumat pertama di bulan pemberlakuan satu hari tanpa emisi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X