Mensos : Bantuan Sosial untuk Jawa Barat Mencapai Rp 5 Triliun

- 4 Juli 2020, 19:38 WIB
/Rio Rizky Batee/

GALAMEDIA - Menteri Sosial, Juliari P. Batubara mengatakan dari total anggaran Kementrian Sosial (Kemensos) RI yakni Rp 104 Triliun, sekitar 60 persennya sudah terserap. Lebih jauh, untuk Jawa Barat sendiri, anggaran untuk berbagai kegiatan dan bantuan mencapai Rp 5 Triliun. 

"Jadi yang sudah terserap sekitar Rp 60 Triliun lebih. Maka sesuai arahan presiden, kedepan kita percepat realisasi sisanya," ungkapnya usai penyaluran bantuan bagi insan otomotif Jabar di Poltekesos, Jln. Djuanda, Kota Bandung, Sabtu 4 Juli 2020. 

Baca Juga: Sejumlah Ibjek Wisata Air Panas di Garut Sudah Mulai Buka untuk Umum

Menurutnya anggaran tersebut, karena jumlah penduduk di Jawa Barat yang paling banyak dibanding provinsi lainnya. 

Dikatakannya untuk bantuan sosial (bansos) Kemensos, pada Juli hingga Desember menjadi Rp. 300 ribu dari sebelumnya Rp 600 ribu. Hal tersebut, dikarenakan mulai kembali tumbuhnya aktivitas ekonomi di masyarakat. 

"Kenapa berkurang, karena adanya perbedaan kondisi dengan sebelum fase new normal. Jadi kegiatan ekonomi perlahan-lahan mulai dibuka, program -program pemerintah juga mulai bergulir, yang sebelumnya tidak ada income mulai mendapatkan," tuturnya. 

Baca Juga: Intens, Rasio Pelacakan Kontak Jabar Berada di Angka 25,12

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga membagikan sekitar seribu paket sembako kepada insan otomotif di Jawa Barat, yang terdampak pandemi Covid-19.  

"Mereka dalam 4 bulan ini, tidak ada kegiatan sehingga tidak ada pemasukan. Maka kita berikan seribu paket sembako, untuk membantu mereka yang terdampak," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x