Ini Satu-satunya Pebulutangkis Indonesia Menang Head to Head Lawan Lin Dan

- 5 Juli 2020, 07:17 WIB
Lin Dan (foto: Twitter/@varmadithya)** /


GALAMEDIA - Selama 19 tahun berkarir di level profesional, Lin Dan kerap bertemu dengan pemain bulutangkis Indonesia. Namun ternyata hanya satu pemain asal Indonesia yang unggul head to head atas pemain asal Republik Rakyat China ini.

Berlaga di pentas senior sejak 2001 hingga pensiun pada Juli tahun ini, pria berusia 36 tahun ini sudah bertanding melawan pebulutangkis Indonesia dari berbagai generasi.

Mantan pemain-pemain pelatnas seperti Budi Santoso, Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, dan Taufik Hidayat adalah wakil dari generasi awal 2000-an.

Baca Juga: Rebutan Tiket Liga Champions Kian Ketat Usai Wolves Kalah, Ini Klasemen Sementara Liga Inggris

Melawan andalan-andalan Cipayung pada masa itu, Lin Dan membukukan hasil yang dominan. Simon hanya diberi satu kemenangan dari 12 pertemuan, sementara Sony hanya mampu meraih tiga kemenangan dan menelan sembilan kekalahan.

Taufik pun lebih sering kalah. Setelah meraih empat kemenangan pada awal pertemuan dengan Lin Dan, Taufik kemudian mengalami kekalahan beruntun setiap bertemu dengan rivalnya tersebut. Total, Taufik menang empat kali dalam 17 pertemuan.

Lin Dan pun membukukan keunggulan atas generasi Indonesia selanjutnya seperti Dionysius Hayom Rumbaka, Andre Kurniawan Tedjono, Alamsyah Yunus, dan Tommy Sugiarto.

Baca Juga: Leverkusen vs Bayern: Juara Piala Jerman, Bavarian Sukses Raih Double Winner

Pebulutangkis yang juga dijuluki Bad Boy itu kemudian turut merasakan perlawanan dari andalan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Jonatan dan Ginting memiliki catatan head to head yang hampir seimbang melawan Lin Dan. Jonatan menang tiga kali dari tujuh pertemuan, sedangkan Ginting dua kali menang dan tiga kali kalah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X