IKA UPI Minta Mas Menteri Masukan LPTK dalam Road Map Pendidikan

- 5 Juli 2020, 11:02 WIB
Enggartiasto Lukita /ist

GALAMEDIA - Sejumlah kalangan mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim untuk menempatkan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai kawah candradimuka pendidikan guru di Indonesia.

Mendikbud juga harus menempatkan LPTK sebagai bagian strategis dalam road map atau peta jalan pendidikan Indonesia yang saat ini sedang digodok pemerintah bersama DPR.

“Saya menitipkan betul kepada Ketua Komisi X agar dalam RUU Sisdiknas, supaya LPTK ditempatkan sesuai khittahnya," Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonsia (IKA UPI) Enggartiaso Lukita Enggar dalam siaran persnya, Minggu 5 Juli 2020.

Baca Juga: Didukung Penuh Elon Musk, Kanye West Calonkan Diri Jadi Presiden AS

"Sebagai bagian dari keluarga besar LPTK, IKA UPI tidak nyaman ketika mendapati kenyataan bahwa  LPTK tidak masuk dalam narasi peta jalan pendidikan dan RUU Sisdiknas,” imbuhnya.

Oleh karenanya, ia meminta mendikbud memperhatikan LPTK, karena LPTK sejak awal didirikan untuk menjadi lembaga yang mempersiapkan pendidikan guru berkualitas.

“Sayangnya ini tidak disinggung dalam RUU Sisdiknas yang baru. Apakah tidak diperlukan lagi lembaga yang secara khusus mempersiapkan, mendidik dan memproduksi guru?" kata Enggar.

Baca Juga: Alhamdulillah, Para Pemain, Ofisial, dan Staf Persib Negatif Covid-19

"Apakah itu keputusan politik yang akan diambil pemerintah dan dewan yang terhormat. Kami kecewa jika betul hal itu menjadi keputusan politik bersama antara pemerintah,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X