Rektor Unjani: Covid-19 Tantangan Buat Apoteker dan Ahli Farmasi

- 5 Juli 2020, 15:54 WIB
Tangkapan gambar webinar Unjani. (Dok. Unjani) /

GALAMEDIA - Wabah sindrom pernapasan akut Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tak hanya menjadi tantangan bagi para dokter, tapi juga apoteker atau ahli farmasi.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D saat membuka kegiatan webinar yang digelar Fakultas Farmasi Universitas Achmad Yani bekerjasama dengan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Barat dengan tema 'Tantangan Industri Farmasi Pada Era Pandemik Covid-19', Sabtu 4 Juli 2020.

"Pandemi Covid-19 membuat dunia farmasi menghadapi tantangan besar. Tetapi dalam tantangan itu tentunya selalu ada opportunity (kesempatan) yang besar," kata Prof. Hikmahanto Juwana dalam siaran pers yang diterima Galamedia, Ahad, 5 Juli 2020.

Baca Juga: Bejat! Pria Pemilik Warung di Padalarang Cabuli Tetangganya yang Baru Berusia 5 Tahun

"Opportunity yang kaitannya dengan komersial, opportunity untuk kemanusiaan, ini yang sebenarnya menjadi sangat-sangat penting (dibandingkan aspek komersial), dan juga opportunity untuk menyelematkan dunia di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 ini," ungkapnya menambahkan.

Meski sejumlah negara mulai bisa mengendalikan Covid-19, kata Hikmahanto Juwana, tugas berat masih dikerjakan dunia farmasi. Sebab saat ini vaksin ataupun obat untuk Covid-19 yang betul-betul efektif dan secara sah diakui WHO belum ditemukan.

"Tidak hanya Indonesia, hampir seluru negara di dunia ini terdampak. Tentunya sampai sekarang masyarakat masih waswas. Tapi masyarakat juga ingin tetap berinteraksi di luar, melakukan aktivitas layaknya sebelum masa pandemi Covid-19," ungkapnya.

Baca Juga: Sebanyak 23.425 Peserta UTBK Mulai Bersaing Masuk UNS

"Karenanya pemerintah kemudian mulai menerapkan normal baru atau tatanan baru, dimana masyarakat diminta untuk menerapkan physical distancing, lebih bersih diri seperti rutin mencuci tangan dan menggunakan masker, juga meningkatkan imunitas," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X