Kabar Baik, Dalam Waktu Dekat Cimahi Bakal Bikin Jalur Khusus bagi Pesepeda

- 5 Juli 2020, 16:23 WIB
Ilustrasi bersepeda. (City Metric) /

GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berencana akan membuat jalur khusus bagi pengendara sepeda. Terlebih lagi saat ini animo masyarakat untuk bersepeda cukup tinggi.

Seiring dengan pandemi Covid-19 dan adanya anjuran untuk tetap di rumah, banyak warga Cimahi memilih bersepeda sebagai olahraga alternatif. Sayangnya, fasilitas atau jalur khusus untuk pesepeda di Kota Cimahi belum ada.

Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi berencana akan membuat jalur khusus untuk sepeda. Dasar pembuatan jalur khusus itu mengacu kepada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca Juga: Update Virus Corona Indonesia: Pasien Positif Mencapai 63.749 Orang

"Aturan mengatur bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan, termasuk fasilitas untuk sepeda dan pejalan kaki," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Endang saat dihubungi, Ahad 5 Juli 2020.

Dijelaskan Endang, sepeda merupakan moda alternatif yang ramah lingkungan. Dia berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat menggantikan kendaraan bermotor, dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global.

Penggunaan sepeda juga akan mengurangi pergerakan kendaraan bermotor, yang berdampak pada berkurangnya penggunaan bahan bakar minyak (BBM), dan polusi udara.

Baca Juga: Rektor Unjani: Covid-19 Tantangan Buat Apoteker dan Ahli Farmasi

"Untuk itu, penyediaan fasilitas jalan bagi lajur sepeda tersebut akan menjadi salah satu agenda Dishub Kota Cimahi, untuk dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi atau OPD terkait, khususnya dalam Forum Lalu Lintas Kota Cimahi," beber Endang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X