Ini Dia Penyebab Kota Bandung Terasa Lebih Dingin Dibandingkan Hari-hari Sebelumnya

- 6 Juli 2020, 09:01 WIB
kawasan Bandung Utara /ARMIN ABDUL JABBAR/PR

GALAMEDIA - Sejak awal bulan ini, suhu di Kota Bandung dan sekitarnya terasa lebih dingin. Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) menyebut, suhu Kota Bandung pada Senin 6 Juli pagi yaitu 18 derajat celcius.

Diberitakan galamedianews sebelumnya, Tiga pula besar di Indonesia akan merasakan fenomena lain. Suhu udara di pulau itu diprediksi akan lebih dingin dari biasanya.

Hal itu terjadi akibat adanya fenomena bumi menyentuh titik aphelion. Aphelion merupakan fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari.

Baca Juga: Perkuat Kerjasama Militer, Atase Pertahanan RI Dampingi Dubes RI-Abuja Bertemu Menhan Nigeria

Fenomena ini terjadi karena orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

Secara lengkap, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut fenomena aphelion akan memberikan dampak yang bisa dirasakan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Lebih lanjut, LAPAN menjelaskan fenomena aphelion secara umum tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Hanya saja, suhu dingin akan datang saat pagi hari.

Baca Juga: Cedera di Kepala, Pemain Persib Puja Abdillah Bakal Jalani Tindakan Medis Hari Ini

Kondisi tersebut sekaligus menjadi fenomena yang biasa terjadi pada musim kemarau.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X