Belum Yakin Soal Asal Virus Corona, WHO Segera Kirim Tim Penyelidik ke China

- 6 Juli 2020, 10:27 WIB
DIREKTUR Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, hasil uji obat Covid-19 dapat terlihat dalam dua minggu.
DIREKTUR Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, hasil uji obat Covid-19 dapat terlihat dalam dua minggu. /AFP Photo/Fabrice COFFRINI


GALAMEDIA - Kurang yakin mengenai asal muasal Covid-19 (virus corona), World Health Organization (WHO/Organisasi Kesehatan Dunia) bakal mengirimkan tim ke China. Hingga saat ini lebih dari 11 juta terinfeksi virus tersebut.

"Kita dapat melawan virus dengan lebih baik lagi ketika kita mengetahui segala sesuatu soal virus ini, termasuk bagaimana virus ini bermula," ucap Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam jumpa pers virtual seperti dilansir Glogal Times, Senin (6/7/2020).

"Kami akan mengirim tim pekan depan ke China untuk mempersiapkan (penyelidikan) itu dan kami berharap ini akan mengarah pada pemahaman bagaimana awal virus ini muncul dan apa yang dapat kami lakukan untuk persiapan di masa depan," lanjutnya.

Baca Juga: Dibully Gara-gara Saltum di Hari Kemerdekaan, Terungkap Arti Coretan pada Gaun Mahal Melania Trump

Dalam kesempatan itu Ghebreyesus tak menjelaskan siapa saja yang akan bergabung dalam tim itu dan misi spesifik mereka. Namun WHO sebelumnya telah mengadakan pembicaraan dengan China pada awal Mei lalu terkait penyelidikan ini.

Seorang sumber dari Komite Kesehatan Nasional Cina menuturkan pihaknya dan WHO memang telah lama mendiskusikan rencana penyelidikan ini meski tak menjelaskan lebih detail lagi.

Selama ini, China kerap dituduh tidak transparan lantaran tak secara detail dan terbuka menjelaskan asal mula muncul kasus virus corona.

Baca Juga: 60 persen Spesies Ikan Terancam Punah Akibat Suhu Laut Kian Memanas

Pemerintahan Presiden Xi Jinping selama ini juga menganggap virus tersebut muncul dari sebuah pasar tradisional di Wuhan yang menjual binatang liar untuk dikonsumsi tanpa penyelidikan lebih lanjut.

WHO sebelumnya juga telah mengungkap bahwa pemerintah China bukan yang pertama melaporkan awal kemunculan kasus corona, tetapi lembaga itu sendiri.

Hal itu diketahui setelah WHO memperbarui laporannya tentang tahapan awal munculnya pandemi virus corona.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x