Keluarkan Protokol Kesehatan, Menyentuh Ka'bah Akan Dilarang pada Musim Haji Tahun Ini

- 6 Juli 2020, 10:37 WIB
iIustrasi ibadah haji
iIustrasi ibadah haji /suaramuslim.net

GALAMEDIA - Arab Saudi mengumumkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona selama musim haji 2020, melarang perkumpulan dan pertemuan antar para jemaah, demikian kantor berita pemerintah, Senin 6 Juli 2020.

Sebelumnya pada Juni lalu, Arab Saudi memutuskan untuk membatasi jumlah jemaah domestik yang menjalani ibadah haji menjadi sekitar 1.000 jemaah guna mencegah penyebaran virus corona, setelah melarang pelaksanaan ibadah haji umat Muslim dari luar negeri untuk pertama kalinya di zaman modern ini.

Baca Juga: Belum Yakin Soal Asal Virus Corona, WHO Segera Kirim Tim Penyelidik ke China

Menyentuh Ka'bah, situs paling suci dalam agama Islam, akan dilarang selama musim haji tahun ini. Jaga jarak sosial 1,5 meter antar jemaah selama ibadah haji termasuk sholat berjamaah dan saat berada di area tawaf akan diberlakukan, demikian menurut penjelasan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melalui sebuah pernyataan.

Selain itu, akses ke tempat suci haji di Mina, Muzdalifah dan Padang Arafah juga akan dibatasi bagi mereka yang memiliki visa haji mulai Minggu 19 Juli sampai 2 Agustus 2020. Penggunaan masker sepanjang waktu juga akan menjadi syarat mutlak bagi para jemaah maupun penyelenggara haji.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x