Luncurkan Ofek 16, Israel Semakin Mudah Memantau Pergerakan Musuh-musuhnya

- 6 Juli 2020, 15:45 WIB
Israel luncurkan satelit mata-mata ke orbit Bumi. /Kementerian Pertahanan Israel via The Time of Israel/

GALAMEDIA - Kecanggihan teknologi benar-benar dimanfaatkan oleh Israel. Negara yang berencana mencaplok wilayah Tepi Barat Palestina ini baru saja meluncurkan satelit canggihnya bernama Ofek 16.

Satelit tersebut baru saja diluncurkan ke luar angkasa pada hari ini, Senin 6 Juli 2020. Menurut informasi, satelit tersebut digunakan untuk mengawasi atau memata-matai pergerakan musuh.

Satelit tersebut diklaim mampu memberikan pengintaian berkualitas tinggi untuk intelijen militer Israel. Iran, disebut sebagai salah satu negara di dalamnya. Bahkan Iran diklaim menjadi musuh dengan ancaman nuklirnya.

Baca Juga: Geser Dominasi BLACKPINK, Video Musik Aurel Jadi Trending No 1 YouTube

Dilansir dari Reuters, peluncuran satelit canggih milik Israel itu dilakukan di sebuah lokasi yang tak disebutkan. Peluncuran satelit menggunakan bantuan roket buatan lokal, Shavit.

Industri Dirgantara Israel disebut menjadi kontraktor utama dalam proyek ini. Sementara untuk muatan dari satelit dikembangkan oleh perusahaan sektor pertahanan Elbit Systems.

Roket tersebut sudah digunakan dalam peluncuran Ofek edisi sebelumnya. Israel mengklaim satelit tersebut bisa memperkuat pertahanan negaranya. Seperti dikatakan Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz.

Baca Juga: Tujuh Tahun Sebelum Menginfeksi 11 Juta Penduduk Bumi, Virus Awal Covid-19 Ditemukan di Gua China

"Kita akan terus memperkuat dan mempertahankan kemampuan Israel di setiap lini, di setiap tempat," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X