BMKG Ungkap Penyebab Gempa 6,1 M di Jepara

- 7 Juli 2020, 08:32 WIB
Gempa mengguncang Jepara.
Gempa mengguncang Jepara. //Twitter/@infoBMKG


GALAMEDIA - Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo pagi tadi mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah terasa hingga Jawa Barat dan Bali.

Daerah-daerah yang merasakan getaran gempa Jepara antara lain Yogyakarta, Mataram, Purworejo, Kuta dengan skala III MMI.

Kemudian Denpasar dan Kebumen dengan skala II-III MMI. Kemudian Banjar Negara, Cilacap, Boyolali, Krui, Pesisir Barat, Pangandaran, Tanggamus, Gianyar, Pekalongan, dengan skala II MMI.

Baca Juga: Sedikitpun Ilmu Disampaikan pada Orang Lain, jadi Fardu Kifayah

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) atau Skala Mercall adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Pada skala II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara pada skala III MMI getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan getaran gempa Jepara dirasakan sangat luas karena hiposenter gempa sangat dalam.

Baca Juga: Solidaritas Sosial Masyarakat Desa Melalui Leuit dan Beas Perelek

"Karena hiposenter gempa laut jawa ini dalam sekali maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang sangat luas," kata Daryono di akun Twitternya, @ DaryonoBMKG.

Situs BMKG sendiri mencatat kedalaman gempa Jepara 578 kilometer. Lokasi gempa Jepara berada di kaut 53 kilometer barat laut Jepara.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x