Tempat Memilah dan Pembakaran Sampah Jadi Sarana Edukasi Masyarakat Setempat

- 7 Juli 2020, 13:19 WIB
/

GALAMEDIA - Melisa (19), seorang ibu muda beranak satu terlihat serius sedang memilah sampah di tempat tungku pembakaran sampah di bantaran Sungai Cikaro, Kampung Babakan Jambu RW 11, Desa Majakerta Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa 7 Juli 2020.

Satu per satu sampah pisahkan antara sampah kertas, plastik dan sampah lainnya yang dibuang warga di rumahnya masing-masing. Melisa pun tak biasanya memilah sampah di lokasi tungku pembakaran sampah karena kesehariannya, ia merupakan ibu rumah tangga. Kesibukannya memilah sampah hanya untuk mengisi waktu luang.

Melisa turut membantu suaminya dan kedua orangtuanya, Abah Jabrig dan Lilis memilah sampah di tempat tersebut.

Mereka bersama Satgas Citarum Harum memilah sampah yang masih memiliki nilai ekonomis, seperti sampah plastik, kertas dan sampah lainnya. Sampah yang tak memiliki nilai jual pun langsung dibakar.

Baca Juga: Usai Ujian, Peserta dan Panitia UTBK SBMPTN UPI Langsung Rapid Test

"Dari mulai pagi sampai sore, sampah rumah tangga yang tak memiliki nilai jual langsung dibakar hingga habis. Sisa pembakaran sampah digunakan untuk pengurukan lahan yang nantinya lahan tersebut digunakan untuk lahan pertanian atau taman dengan tanaman sayur mayur," kata Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Majakerta Serka Engkus Ernawan kepada galamedia, Selasa 7 Juli 2020.

Di lokasi itu sudah banyak sampah yang memiliki nilai ekonomis siap diangkut dan dijual kepada pengusaha daur ulang sampah. Tumpukan sampah yang sudah dikemas di dalam karung itu berisi sampah kertas, bekas botol mineral dan sampah lainnya.

"Semua sampah yang dibuang ke tempat ini, semuanya bermanfaat," katanya.

Melihat kondisi di lapangan seperti itu, Serka Engkus bersama jajaran TNI dari Satgas Citarum Harum terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pengelolaan dan pengolahan sampah rumah tangga.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x