Tegur Bawahannya, Presiden Jokowi Minta Progres Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu

- 7 Juli 2020, 15:36 WIB
Pembangunan tol Cisumdawu
Pembangunan tol Cisumdawu /dok

GALAMEDIA - Pengerjaan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) hingga kini masih belum selesai juga. Kondisi ini mendapat perhatian langsung dari Presiden Joko Widodo.

Bahkan Presiden Jokowi langsung mempertanyakan terhambatnya progres pembangunan tol Cisumdawu tersebut kepada jajaran menterinya. Hingga kini, realisasi pembangunan ruas tol Cisumdawu tersebut yang bisa menguhubungkan akses ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka.

“Ini jalan tol penting sekali tapi terhambat. Coba saya nanti ingin dengar masalah ini dan agar diselesaikan, terutama dari Kementrian ATR/BPN,” kata Presiden dalam rapat terbatas dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 7 Juli 2020.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Bandung Datangi Sumur Bersejarah yang Berada di Pusat Kota

Presiden kemudian mendengar masalah di Cisumdawu karena terhambatnya pembebasan lahan dan juga pengembalian dana talangan untuk pengadaan tanah lahan tersebut. Jokowi juga mempersoalkan mengenai belum lengkapnya aturan teknis untuk penyelesaian proyek sepanjang 60,84 kilometer itu.

“Juga masih belum lengkapnya aturan teknis pelaksana, baik ini di Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Keuangan. Saya minta ini segera diselesaikan, butuh percepatan karena ini akan menyangkut Bandara Kertajati,” ujar presiden.

Presiden menegur jajarannya karena masih banyak aturan teknis yang belum selesai untuk percepatan proyek strategis nasional (PSN). Cisumdawu dan juga tol trans Sumatera merupakan beberapa PSN yang akan dikebut penyelesaiannya tahun ini.

Baca Juga: Pesan Minuman di Starbucks, Wanita Berhijab Kaget Gelasnya Bertuliskan ISIS

“Saya melihat ini banyak kendala aturan teknis, dan adminsitrasi yang terus berulang-ulang kita alami, tidak ada penyelesaian secara permanen, penyelesaiannya selalu kasus per kasus. Kita buat regulasi yang sederhana dan ringkas, saya kira solusinya itu,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x