Basuki : Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Terkendala Pembebasan Lahan

- 7 Juli 2020, 15:55 WIB
Tol Cisumdawu /@KemenPU

GALAMEDIA - Teguran Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 7 Juli 2020, soal terhambatnya pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), membuat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono angkat bicara.

Kepada wartawan, Basuki mengakui bahwa pembebasan lahan sebagai kendala dalam pembangunan jalan tol Cisumdawu yang bisa menjadi akses ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Soal pembangunan jalan tol Cisumdawu, kendalanya pembebasan lahan. Kalau pendanaan oleh investor tidak ada masalah karena sudah ada dukungan pemerintah," kata Menteri PUPR di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Babinsa Dilibatkan dalam Pengamanan Pilkada Serempak 2020

Basuki menyampaikan hal itu seusai mengikuti rapat terbatas dengan topik "Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu" yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jalan tol Cisumdawu sepanjang 61,70 kilometer dibangun melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha dengan nilai investasi mencapai Rp8,41 triliun.

"Jadi sepanjang 60 kilometer itu dukungan pemerintah 28,62 kilometer. Jadi tidak ada masalah pendanaan, yang ada masalah hanya pembebasan lahan," tambah Basuki Hadimuljono.

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah menugaskan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalili untuk menangani persoalan tersebut.

Baca Juga: Sementara Tak Terima Lulusan STAN, Kemenkeu Hentikan Penerimaan CPNS Hingga Lima Tahun Ke depan

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X