Tahun 2021, Puskesmas Pembantu Bojongloa Cilawu Direlokasi

- 7 Juli 2020, 17:20 WIB
  Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat melakukan pengecekan lahan untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Bojongloa di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa 7 Juli 2020. (Agus Somantri)
Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat melakukan pengecekan lahan untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Bojongloa di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa 7 Juli 2020. (Agus Somantri) /



GALAMEDIA- Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan pengecekan langsung lahan untuk pembangunan Puskesmas Pembantu Bojongloa sebagai Puskesmas Pembantu Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa 7 Juli 2020.

Menurut Rudy, Pustu ini akan dipindahkan dari lokasi yang lama ke tempat yang baru, sebagai bagian peningkatan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Garut, khususnya di Kecamatan Cilawu.

Rudy menyebutkan, Lahan sekluas 1.792 m2 yang akan dijadikan lokasi baru Pustu ini adalah rumah bekas peninggalan Belanda berusia kurang lebih 100 tahunan.

Baca Juga: Dibangun dengan Anggaran Rp7,8 Miliar, Kondisi RSU Malangbong Memprihatinkan

“Rumah bekas Belanda ini saya akan alokasikan untuk tahun 2021 untuk pembangunannya,” ujar Rudy saat meninjau lokasi yang terletak dikampung Bojongloa, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa 7 Juli 2020.

Rudy menilai, lokasi pustu yang ditempati sekarang sangat memprihatinkan. Selain sempit, juga ruangannya sangat kurang representatif tidak sesuai dengan standar Peraturan Kementerian Kesehatan yang berlaku saat ini.

"Tahun depan, akan dibangun yang lebih representatif. Sedangkan tahun ini akan bebaskan dulu untuk lahannya," ucapnya.

Baca Juga: Babinsa Dilibatkan dalam Pengamanan Pilkada Serempak 2020

Kepala Puskesmas Pembantu (Pustu) Bojongloa, Rustandi, menyebutkan, setiap harinya pustu ini harus melayani tidak kurang dari 100 orang pasien, dilayani oleh 2 orang dokter dan 7 perawat.

"Pustu Bojongloa ini memang dirasakan sudah tidak refesentatif lagi. Apalagi harus melayani 6 Desa," katanya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x