Lima Penyu Belimbing Raksasa Mendarat Kawasan Pantai Warebar, Raja Ampat untuk Bertelur

- 8 Juli 2020, 09:12 WIB
Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) mendarat di Kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat
Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) mendarat di Kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat /darilaut.id/

GALAMEDIA - Kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat didarati lima ekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

Lima ekor penyu belimbing yang disebut sebagai penyu raksasa ini karena ukurannya luar biasa besar, mendarat untuk bertelur di kawasan pantai tersebut. Demikian menurut kelompok konservasi setempat, seperti dilansir Antara, Rabu 8 Juli 2020.

Mendapati kejadian tersebut, anggota Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki bergerak cepat untuk menjaga sarang telur kelima penyu belimbing tersebut dari serangan hewan pemangsa dan pemburu telur penyu.

Baca Juga: Murah, Renault Kwid RXL Terbaru Dibanderol Rp80 Jutaan

"Kami memprediksi awal Agustus telur penyu belimbing tersebut telah menetas menjadi ratusan tukik atau bayi penyu dan kembali ke laut," kata Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor di Waisai, Rabu.

Dikatakannya bahwa jumlah penyu yang bertelur di Pantai Warebar tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, ketika hanya ada dua penyu yang bertelur di pantai tersebut.

Yusuf mengatakan bahwa Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki secara swadaya berupaya melestarikan penyu, salah satunya penyu belimbing.

Baca Juga: Siti Muntamah Jenguk Tenaga Kesehatan yang Tengah Isolasi Mandiri di RSKIA

"Kami berkomitmen menjaga kelestarian alam, terutama dengan melakukan perlindungan penyu belimbing dan jenis lainnya, agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi di masa yang akan datang," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x