Pemda Provinsi Jabar Siap Fasilitasi Kepulangan Etty bin Thoyib

- 8 Juli 2020, 11:02 WIB
/

GALAMEDIA - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Taufik Garsadi memastikan pihaknya siap memfasilitasi kepulangan tenaga kerja wanita asal Majalengka, Etty binti Toyib, ke tempat tinggalnya setelah mendarat di Indonesia.

"Kepulangan Bu Etty dari Arab Saudi menjadi kewenangan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Luar Negeri. Namun, setelah itu, kami siap menjemput Etty dan mengantar ke tempat tinggalnya di Majalengka," kata Taufik di Kota Bandung, Selasa 7 Juli 2020.

Taufik mengatakan, jika penjemputan dilakukan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar. Sebab, ada protokol yang mesti dipenuhi dalam penjemputan Pekerja Migran Indonesia (PMI), termasuk Etty.

Baca Juga: 10 Juta Masker Produk UMKM di Jabar Diborong Pemprov Jabar

"Saat penjemputan tentu protokol kesehatan akan diterapkan. Selain memastikan kondisi Bu Etty sehat, itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan kepada keluarga Bu Etty," ucapnya.

Etty sempat didakwa membunuh majikannya, dan dijatuhi hukuman mati di Arab Saudi. Etty akhirnya terbebas dari hukuman mati setelah ahli waris korban memaafkan. Setelah dimaafkan, kasus tersebut akan dituntaskan dengan pembayaran denda atau diyat sebesar Rp15,2 miliar.

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar bahu-membahu mengumpulkan dana sebesar Rp1,4 miliar untuk membantu Etty menghirup udara bebas.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x