Brighton vs Liverpool: Salah Cetak Brace dan Satu Assist, The Reds Dekati Rekor City

- 9 Juli 2020, 05:53 WIB
Mo Salah. (foto: twitter.com/@LFC)**
Mo Salah. (foto: twitter.com/@LFC)** /

GALAMEDIA - Mohamed Salah mencetak brace (dua gol) dan mengirim satu assist untuk membawa Liverpool mengalahkan tuan rumah Brighton & Hove Albion, 3-1 di Stadion Amex, Inggris, Kamis 9 Juli 2020 dini hari tadi.

Kemenangan itu Liverpool mengantungi 92 poin. dengan sisa tiga laga, The Reds berpeluang memecahkan rekor centurion alias total 100 poin di pengujung musim milik Manchester City pada 2017/18.

Graham Potter sepertinya berusaha meniru siasat Pep Guardiola ketika Manchester City mengalahkan Liverpool sepekan yang lalu. Ia menerapkan strategi membangun serangan dari lini belakang.

Baca Juga: Viral Anggota Satpol PP Berpose dengan Sepeda Brompton Seharga Puluhan Juta Rupiah

Sayangnya, berhadapan dengan kualitas para pemain Liverpool melakukan tekanan tanpa bola justru membuat strategi itu tak ubahnya senjata makan tuan.

Antara menulis, pada delapan menit pertama, Naby Keita berhasil mencuri bola di paruh lapangan Brighton yang dua kali pula berhasil dikonversi menjadi gol oleh Salah dan Henderson.

Gol pertama terjadi pada menit keenam ketika umpan kiper Mathew Ryan kepada Davy Proepper berhasil dicuri oleh Keita. Bola dikirimkan untuk diselesaikan dengan sepakan kaki kiri tajam Salah.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Hasil UTBK 2020 Belum Ada Kepastian

Tak sampai dua menit kemudian Keita kembali mencuri bola di dekat lingkaran tengah lapangan yang kemudian dikirimkan Roberto Firmino ke arah Salah.

Alih-alih menembak langsung, Salah menyodorkannya untuk diselesaikan dengan sepakan melengkung Henderson yang tak mampu dijangkau Ryan.

Menyadari kekeliruannya, Potter menginstruksikan para pemain Brighton memainkan bola-bola panjang sembari mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Liverpool yang dihuni bek muda Neco Williams.

Baca Juga: Jadwal Belajar dari Rumah Bareng TVRI, Kamis 9 Juli 2020

Kendati tampil percaya diri, Williams beberapa kali tampak kesulitan mengimbangi kecepatan bek sayap Brighton Tariq Lamptey.

Siasat Brighton mengeksploitasi area kiri pertahanan Liverpool akhirnya membuahkan hasil ketika Lamptey meninggalkan Williams. Ia mengirim umpan silang yang disambut tendangan voli Trossard untuk membuat kedudukan menjadi 1-2 tepat pada pengujung waktu normal babak pertama.

Memahami keterbatasan Williams, Klopp menarik keluar bek muda itu pada babak kedua digantikan Andy Robertson yang memang lebih nyaman bermain di sisi kiri.

Baca Juga: Hanya Petugas Kesehatan dan Keamanan yang Bisa Menjalankan Ibadah Haji Tahun Ini

Pada menit ke-75, Henderson melepaskan tembakan yang sempat membentur barisan pertahanan Brighton tapi bola hanya menyerempet tipis tiang kiri gawang dan cuma membuahkan sepak pojok.

Kendati demikian, sepak pojok itu berhasil dimanfaatkan oleh Liverpool untuk mencetak gol ketiga dan merestorasi keunggulan dua gol atas tuan rumah.

Baca Juga: Ribuan Umat Islam Akan Kembali Turun ke Jalan Menolak RUU HIP

Lamptey memang bisa memenangi adu cepat dengan Williams, tetapi ia gagal mengawal pergerakan Salah yang berlari untuk menyambut sepak pojok Robertson dan menaklukkan Ryan di area tiang dekat.

Gol itu jadi gol ke-15 yang dihasilkan Liverpool dari sundulan musim ini, tiga buah lebih banyak dari tim-tim Liga Inggris lainnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x