Barcelona vs Espanyol: Gol Suarez Kirim Rival Sekota Degradasi

- 9 Juli 2020, 06:06 WIB
Luis Suarez (foto: twitter.com/@FCBarcelona)**
Luis Suarez (foto: twitter.com/@FCBarcelona)** /

GALAMEDIA - Barcelona memenangi Derbi Catalunya 1-0 atas Espanyol pada lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Kamis 9 Juli 2020 dini hari tadi.

Hasil ini memastikan rival sekotanya itu terdegradasi ke strata kedua.

Gol Luis Suarez jadi pembeda antara Barcelona dan Espanyol dalam Derbi Catalunya yang diwarnai satu kartu merah untuk kedua tim tersebut.

Baca Juga: Selain Ancam Nyawa, Tim Dokter Inggris Sebut Virus Corona Bisa Rusak Otak dan Saraf Serta Stroke

Satu gol cukup membuat Suarez menjadi pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah Barcelona. Kini Suarez mengantongi 195 gol atau melampaui rekor Maszlo Kubala.

Sejak awal pertandingan berjalan timpang Espanyol memarkir 10 dari 11 pemain mereka di areanya sendiri. Itu untuk meredam bahaya dari kubu tuan rumah.

Kendati demikian, strategi itu sempat menjanjikan kesuksesan ketika Adri Embarba melakukan tusukan dan melepaskan tembakan ke arah gawang yang dihalau kiper Marc-Andre ter Stegen dengan kakinya.

Baca Juga: Gara-gara Bermain Ponsel, Seorang Bocah Tewas Secara Mengenaskan di Tangan Ibunya

Barcelona berusaha mengubur harapan semu itu dan mengambil kendali penuh permainan. Namun tendangan bebas Lionel Messi masih tipis di atas mistar gawang dan sepakan Suarez masih membentur Fernando Calero hanya membuahkan sepak pojok.

Quique Setien berusaha menambah daya gedor Barcelona dengan memasukkan Ansu Fati pada saat sepak lanjut babak kedua, tetapi talenta muda itu cuma bertahan lima menit di atas lapangan sebelum diusir wasit karena melanggar Calero.

Wasit Jose Luis Munera awalnya memberikan kartu kuning, tetapi ia meninjau tayangan ulang VAR dan menaikkan hukumannya jadi kartu merah.

Baca Juga: Viral Anggota Satpol PP Berpose dengan Sepeda Brompton Seharga Puluhan Juta Rupiah

Belum sempat Espanyol memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain, mereka malah harus kehilangan Pol Lozano pada menit ke-53.
Pelanggaran Lozano terhadap Gerard Pique awalnya juga dihadiahi kartu kuning, tetapi seperti kasus Fati, wasit melakukan tinjauan ulang bersama VAR dan menaikkan hukumannya.

Ironisnya, semenit kemudian Barcelona berhasil memecah kebuntuan ketika bola tembakan Messi yang dihalau barisan pertahanan tim tamu disambar oleh Suarez untuk menaklukkan kiper Diego Lopez. Barcelona satu, Espanyol nol.

Messi berusaha menambah keunggulan Barcelona pada menit ke-69 tetapi tembakan volinya berhasil dihentikan oleh Lopez.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Hasil UTBK 2020 Belum Ada Kepastian

Di pengujung waktu normal, Espanyol hampir mencetak gol balasan lewat tembakan spekulasi Raul de Tomas tetapi Ter Stegen cukup beruntung bisa menggagalkan peluang tersebut.

Ketika peluit tanda laga usai, Barcelona sukses memenangi edisi Derbi Catalunya terakhir di strata tertinggi sepak bola Spanyol itu setidaknya untuk setahun ke depan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x