Pemerintah dan DKM Sepakat, Masjid Istiqlal Tak Gelar Sholat Idul Adha Tahun Ini

- 9 Juli 2020, 13:09 WIB
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal /


GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan Masjid Istiqlal tidak akan menggelar sholat Idul Adha tahun ini.

Hal ini merupakan hasil kesepakatan sejumlah menteri dan kepala lembaga termasuk dengan Dewan Masjid Istiqlal dalam rapat terkait penyelenggaraan Iduladha.

"Pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan sholat Idul Adha," kata Muhadjir saat melakukan konferensi pers melalui aplikasi Zoom, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Sekjen Komisi Yudisial Positif Corona, Kantor Lockdown Hingga 15 Juli 2020

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar pun menjelaskan alasan tempatnya belum bisa digunakan umat untuk menggelar sholat Idul Adha.

Dia mengatakan masjid itu memang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan sholat berjamaah untuk perayaan Iduladha, sebab proses renovasi belum selesai dilakukan.

"Di Istiqlal belum memungkinkan, obyektifnya kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. ada yang belum selesai (misalnya) ada pintu masuknya," kata Nazaruddin dalam konferensi pers tersebut.

Menurutnya, masih ada beberapa hal yang memang perlu dibereskan menjelang perayaan Idul Adha yang akan dirayakan setidaknya tiga pekan lagi, akhir bulan ini. Atas dasar itu, Masjid Istiqlal belum siap menerima jemaah dalam jumlah besar karena waktu yang cukup mepet.

Baca Juga: Dalam Pengawalan Menteri, Pembobol BNI Rp 1,7 Triliun Maria Pauline Lumowa Tiba di Tanah Air

"Karena waktu mepet sementara renovasi belom selesai masih banyak hal-hal yang belum kita sempurnakan, tadi barusan diputuskan Istiqlal belom bisa dipakai Iduladha. Menolak bahaya lebih diutamakan dari mengejar manfaat," kata Nasarudin.

Keputusan yang diungkapkan Muhadjir tersebut pun mementahkan pernyataan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada Selasa (7/7/2020) lalu mengatakan Idul Adha mengatakan sholat Idul Adha juga bakal menjadi momen pembukaan kembali Masjid Istiqlal.

"Insya Allah akan dilaksanakan sholat Iduladha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal dengan penrapan protokol kesehatan Covid-19 sebagai awal dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk jemaah umum," kata Fachrul dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Penumpang Harus Bawa Surat Bebas Corona, KA Argo Parahyangan Mulai Beroperasi Besok

Sementara itu, dengan tak digelar sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal, maka masjid terbesar di Asia Tenggara itu melengkapi tak menggelar ibadah sholat hari raya umat Islam pada tahun ini, 1441 Hijriah. Sebelumnya, Istiqlal pun tak menggelar sholat Idulfitri 1441 Hijriah pada 24 Mei 2020.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x