Covid-19 Masih Menghantui, Flu Babi Dikhawatirkan Menjadi Pandemi

- 9 Juli 2020, 15:55 WIB
Ilustrasi hewan babi. (Pixabay)
Ilustrasi hewan babi. (Pixabay) /

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 hingga saat ini menghantui negara-negara di dunia. Bahkan jumlah orang yang terinfeksi virus Corona itu masih terus bertambah, termasuk di Indonesia.

Saat ini sudah lebih dari 60 ribu warga Indonesia yang terinfeksi virus tersebut. Di tengah pandemi yang masih berlangsung dan upaya yang dilakukan, muncul kekhawatiran lain yaitu menyebarnya virus babi.

Baca Juga: Naya Rivera, Aktris Cantik Bintang Serial 'Glee' Dilaporkan Hilang di Danau

Belakangan ini, khususnya di China, virus baru flu babi muncul dan mulai merebak. Virus yang disebut G4 itu bisa mengancam dunia kesehatan dan Kementerian Kesehatan RI khawatir akan terjadi pandemi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Ditjen P2P, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan, flu babi tetap menjadi perhatian. Apalagi jika melihat sejarah kemunculannya.

"Bisa menjadi pandemi karena berbeda strain dengan flu babi 2009. G4 H1N1 ini berbeda," katanya dalam Konferensi Pers Virtual Kemenkes RI, Kamis 9 Juli 2020.

Baca Juga: Bikin Ngakak! Curhatan Mahasiswi ITB Dibacakan Wakil Rektor Saat Proses Wisuda

Flu babi yang sebelumnya, ujar Siti, sudah disepakati oleh WHO bukan lagi influenza yang bisa menyebabkan pandemi tapi seperti influenza biasa. Saat muncul di 2009, tak lama kemudian vaksinnya ditemukan.

Kondisi itu membuat WHO mencabut status pandemi. Namun untuk yang sekarang muncul, masih harus menjadi perhatian. Pasalnya, Meski vaksin untuk flu babi telah tersebut, belum ada bukti bahwa G4 dapat dicegah melalui vaksin tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x