Asedas dan Universitas Agung Podomoro Gelar Webinar Aplikasi Seni dan Iptek Setelah Pandemi

- 10 Juli 2020, 13:34 WIB
Webinar “Applying Art and Science Thinking for Rebounding Post Pandemic”. (Dok. Universitas Agung Podomoro).
Webinar “Applying Art and Science Thinking for Rebounding Post Pandemic”. (Dok. Universitas Agung Podomoro). /

GALAMEDIA - ASEAN Digital Art Society (Asedas) atau organisasi seniman Digital Asia Tenggara bekerjasama dengan Program Studi Desain Produk Universitas Agung Podomoro (UAP) menggelar Webinar bertajuk “Applying Art and Science Thinking for Rebounding Post Pandemic” atau “Menerapkan Seni dan Ilmu Pengetahuan dalam Menghadapi Pasca Pandemi”, Kamis - Jumat (9-10/7/2020).
 
Kepala Program Studi Desain Produk Universitas Agung Podomoro, Boike Janus Anshory S.Sn., M.Ds. menyatakan, tema yang dipilih mewakili dukungan para insan seni dan akademisi kepada orang-orang yang aktivitasnya turut terdampak pandemi covid-19 agar tetap optimis menjalani kondisi sulit ini.

"Pelaksanaan seminar online Asedas 2020 yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 ini telah memberikan inside inovasi kepada narasumber untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan tema Art & Design," ujarnya.

Baca Juga: China Klaim Mudah Tenggelamkan Dua Kapal Induk AS di Laut Selatan, Benarkah?

Ia mengatakan, banyak hal dibahas dengan keunikan pemaparan dari sudut akademis dan praktis yang dapat membuka ide-ide baru untuk diaplikasikan ke dalam masyarakat yang membutuhkan.  Narasumber menyampaikan dengan baik sesuai dengan kompetensi dan pengalaman yang dimilikinya.

"Universitas Agung Podomoro mendukung penuh kegiatan seminar online Asedas dengan mempersiapkan tim khusus," kata Boike.

Boike pun berkesempatan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Ariesa Pandanwangi selaku founder Asedas Indonesia yang telah menjembatani proses pelaksanaan seminar online tersebut.

Baca Juga: Israel Tertuduh, Ledakan Kembali Guncang Iran, Kali Ini Fasilitas Rudal IRGC Jadi Sasaran

Ia berharap setelah acara seminar online yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, para peserta mendapatkan wawasan tambahan dalam bidang Art & Design.

Seminar ini digelar bersamaan dengan Dies Natalis ke-7 Podomoro University yang dilangsungkan pada 8-16 Juli 2020 mendatang. Webinar menghadirkan empat pembicara yang merupakan akademisi dan praktisi seni.

Dua di antaranya merupakan dosen tetap program studi Desain Produk Universitas Agung Podomoro, yaitu Ezra Peranginangin, Ph.D. dengan mengangkat topik “Blending Art and Science for Design Innovation” dan Dina Lestari S.Pd., M.Sn. dengan topik “Art, Education, and Technology”.

Baca Juga: Puluhan Perwira Tinggi Polri Duduki Kursi Komisaris Sejumlah BUMN dan Lembaga Pemerintahan

Pembicara yang turut diundang adalah akademisi seni dari Malaysia yaitu Assoc. Prof. Ahmad Tarmizi dengan mengangkat topik “New Norm & New Normal in Art Discipline: What We Can Do” dan juga Ts. Dr. Maria binti Mohammad dengan topik “Expert Service Creative Design Centre semasa pendemic Covid-19”.

Selain itu, moderator seminar online pada tanggal 9 Juli 2020 dipilih yang menguasai bidang seni dan sains yaitu seorang desainer, kurator product and craft exhibition yang juga seorang dosen di Universitas Agung Podomoro yaitu Aloysius Baskoro Junianto, S.Sn., MID. 

Jumat (10/7/2020), seminar online menghadirkan tiga pembicara yang merupakan dosen dari program studi desain produk, yaitu bapak Boike Janus Anshory, S.Sn., M.Ds. dengan topik “Marketing Shift for Product Design Business in New Normal”, bapak Dr. Eng. Chris Salim dengan topik “Eco-friendly Materials in Product Design” dan Ibu Nurul Primayanti, M.Sc. dengan topik “How to Create Form Follows Function in Product Design Way” yang dimoderatori oleh bapak Ryan Johan Sembiring, S.T., M.M., M.T. yang juga merupakan dosen di Program Studi Desain Produk Universitas Agung Podomoro.

Baca Juga: Jelang Film Peninsula Tayang, Kang Dong-woon Colek Gong Yoo Agar Didukung Para Fans

Peserta pada seminar ASEDAS dan Universitas Agung Podomoro ini mayoritas berprofesi sebagai akademisi baik di perguruan tinggi dan sekolah yang memiliki minat dan ketertarikan pada seni visual. Seminar online yang diadakan Podomoro dan ASEDAS ini juga bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk tetap semangat bekarya di era pasca-pandemi.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x