Perangkat Desa pun Harus Mendapat Layanan Pemeriksaan Rapid Test Covid-19

- 10 Juli 2020, 13:56 WIB
Kepala Desa Kukuh Kecamatan Ibun,  Yanto Erwanto
Kepala Desa Kukuh Kecamatan Ibun, Yanto Erwanto /Engkos Kosasih/

GALAMEDIA - Dalam upaya pencegahan penularan wabah virus corona, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa se-Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung Yanto Erwanto berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mengagendakan pemeriksaan rapid test Covid-19 pada perangkat desa. Mengingat aktivitas atau mobilitas perangkat desa juga cukup tinggi disaat memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Saya kira perangkat desa sangat perlu untuk melaksanakan pemeriksaan rapid test Covid-19. Pasalnya, perangkat desa dalam kesehariannya kontak langsung dengan masyarakat luas saat memberikan pelayanan," kata Yanto kepada galamedia, Jumat 10 Julin2020.

Yanto mengatakan, pelaksanaan rapid test tersebut sebagai langkah awal untuk mendeteksi seseorang perangkat desa mulai dari kepala desa, sekretaris desa, kaur, kasi maupun kadus dari ancaman terpapar Covid-19.

Baca Juga: Mantan Artis Cilik Berduka, Pencipta Lagu Anak Papa T Bob Meninggal Dunia

"Makanya, perlu dilaksanakan rapid test kepada seluruh perangkat desa. Ini sangat penting untuk pencegahan virus mematikan itu. Lebih baik melakukan pencegahan penyakit, daripada mengobati," ungkap Kepala Desa Dukuh ini.

Yanto mengatakan, pelaksanaan pemeriksaan rapid test kepada perangkat desa di Kecamatan Ibun itu menjadi pertimbangan dan pemikiran pemerintah terkait. "Mungkin pelaksanaan rapid test ini tak hanya untuk perangkat desa di Kecamatan Ibun saja, mungkin untuk seluruh perangkat desa di Kabupaten Bandung," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan rapid test terhadap perangkat desa itu sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan dini.

"Mengingat kami setiap hari selalu menjalin komunikasi dan kontak langsung dengan masyarakat luas. Bahkan dalam keseharian selain melakukan aktivitas di kantor desa, juga di lapangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas," katanya.

Baca Juga: PT KAI Mulai Layani Pelanggan KA Bima di Surakarta dan Yogyakarta

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x