Suhu Bumi Berpeluang Naik 1,5 Derajat Celcius, Badai di Sejumlah Negara Bisa Lebih Banyak

- 10 Juli 2020, 16:23 WIB
Ilustrasi Suhu Bumi. (Pixabay.com)
Ilustrasi Suhu Bumi. (Pixabay.com) /

GALAMEDIA - Dalam lima tahun ke depan, suhu global disebut berpeluang naik lebih dari 1,5 derajat Celcius. Kondisi itu akan menyebabkan sejumlah perubahan di berbagai belahan bumi.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Di sisi lain, sejumlah negara di dunia saat ini menyetujui target untuk menjaga kenaikan suhu global dunia agar tetap di bawah 1,5 derajat Celcius abad ini.

Hal itu diatur dalam Persetujuan Paris pada tahun 2015. Namun WMO berpendapat lain. Menurut mereka, ada peluang sebesar 20 persen ambang batas itu akan terlewati satu tahun sebelum 2024.

Baca Juga: Kembali Melonjak, Hari Ini RI Catat 1.611 Kasus Baru Positif Covid-19

"Ada peluang juga 70 persen batas itu akan terlewati dalam sebulan atau lebih dalam kurun waktu lima tahun tersebut," sebuh WMO.

Dikutip dari BBC Indonesia, para ilmuwan mengatakan studi ini bermakna tugas berat mengendalikan tingkat perubahan iklim.

Penilaian baru ini, yang dilakukan oleh Kantor Met untuk WMO Inggris, mengatakan ada peluang yang semakin besar bahwa ambang 1,5 derajat Celcius ini akan dilanggar.

Para peneliti mengatakan suhu tahunan rata-rata Bumi sudah lebih dari 1 derajat Celcius lebih tinggi dari pada tahun 1850-an. Angkanya mungkin akan tetap di sekitaran itu selama lima tahun ke depan.

Baca Juga: Alami Demam Usai Antar Istri ke RS, Polisi di Bekasi Meninggal Akibat Virus Corona

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x