GUNUNG SEMERU Erupsi, Naik Level IV AWAS, Ini 4 Rekomendasi PVMBG yang Wajib Dipatuhi!

- 4 Desember 2022, 20:17 WIB
Gunung Semeru kembali erupsi, statusnya naik ke Level IV Awas,  ini rekomendasi PVMBG yang wajib dipatuhi warga setempat.
Gunung Semeru kembali erupsi, statusnya naik ke Level IV Awas, ini rekomendasi PVMBG yang wajib dipatuhi warga setempat. /BBTN bromon tengger Semeru/

GALAMEDIANEWS – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur kembali mengalami erupsi.

Status Gunung Semeru per hari ini, Minggu 4 Desember 2022 naik ke Level IV Awas, PVMBG pun mengeluarkan 4 rekomendasi yang wajib dipatuhi masyarakat setempat.

Sebab jika tidak dipatuhi, aktivitas vulkanik dari Gunung Semeru baik berupa awan panas, lontaran batu pijar maupun lahar bisa membahayakan manusia.

Keempat rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG terkait status Awas atau Level IV Gunung Semeru menjadi panduan warga dalam beraktivitas yang wajib dipatuhi.

Baca Juga: BOM Meledak di McDonald's Mall Ratu Indah Makassar, 3 Orang Tewas, Peristiwa Desember 2002 Silam

Semenjak 12 Desember 2021, aktivitas gunung api ini senantiasa dipantau melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Desa Sumber Wuluh, Kec. Candipuro Lumajang dan Desa Agrosuko Kec. Ampelgading Malang.

Hingga kemarin status Gunung Semeru masih Level III Siaga, namun sejak Minggu 4 Desember 2022 dini hari, terjadi erupsi dan statusnya naik ke Level IV Awas.

Sejak pukul 00.00 WIB hingga 12.00 WIB terjadi gempa-gempa yang didominasi oleh Gempa Awan Panas dan gempa letusan sebanyak 13 kali.

Di bagian puncak terlihat awan panas guguran dengan jarak 12 km dan masih terus berlangsung.

Halaman:

Editor: Nalarya Nugraha

Sumber: Magma ESDM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x