WHO Bakal 'Obok-obok' China, Cari Asal Usul Virus Corona

- 11 Juli 2020, 19:25 WIB
WHO /pixabay.com/id/users/padrinan-1694659//pixabay.com

GALAMEDIA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini masih kesulitan melacak sumber virus corona yang mengakibatkan Covid-19. Di tengah pandemi, WHO mengirimkan tim untuk melakukan investigasi di China.

Sebanyak dua orang anggota WHO akan mulai melakukan penyelidikan terkait asal-usul virus corona. Sebelumnya, China menentang penyelidikan independen terkait virus ini.

Pada bulan April lalu, Diplomat China, Chen Wen, menyebut negaranya tidak sepakat pada investigasi apapun yang diinisiasi dunia internasional. Paslanya, penyelidikan independen itu didorong maksud politis.

Baca Juga: Masker Tetap Lebih Optimal Melindungi dari Droplet Dibandingkan Face Shield

Sebagaimana banyak diberitakan, Virus itu diyakini muncul di pasar grosir di pusat kota Wuhan di China akhir tahun lalu. Virus menyebar setelah berpindah dari hewan ke manusia.

Selama di China, dua ahli WHO, yakni seorang spesialis kesehatan hewan dan epidemiologi, akan bekerja dengan para ilmuwan setempat.

Mereka akan menentukan ruang lingkup dan rencana penyelidikan. Demikian kata juru bicara WHO Margaret Harris, yang menolak menyebutkan nama dua ahli itu.

Baca Juga: Luar Biasa, Bocah Berusia 11 Tahun Taklukkan Puncak Gunung Paling Berbahaya dan 'Mematikan'

"Kami tahu virus ini sangat, sangat mirip dengan virus di kelelawar, tetapi apakah virus itu melewati spesies perantara? Ini adalah pertanyaan yang butuh dijawab," ujar Harris dilaporkan Reuters.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X